7 Bahaya Tidur dengan Rambut yang Masih Basah

tim | CNN Indonesia
Kamis, 26 Jan 2023 09:00 WIB
Ada beragam bahaya tidur dengan rambut basah, mulai dari peregangan rambut, pertumbuhan jamur, hingga jerawat. Simak penjelasannya. Ilustrasi. Bahaya tidur dengan rambut basah (iStockphoto/Artistan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak orang enggan tidur dengan rambut basah karena dianggap menyebabkan masuk angin juga pilek. Sebenarnya, apa bahaya tidur dengan rambut basah?

Meskipun tidak langsung membuat seseorang sakit tetapi penyerapan air menyebabkan batang rambut bengkak.

Melansir Medical News Today, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menyatakan virus sebagai penyebab pilek dan tidak ada hubungannya dengan rambut basah.

Rambut berperan memberikan perlindungan kulit kepala, meningkatkan fungsi sensorik kulit dan mengatur suhu tubuh. Berikut ini penjelasan sebaiknya tidak tidur dengan rambut basah.

1. Peregangan rambut

Young woman her back turned laying on beach chair with wet hairIlustrasi. Bahaya tidur dengan rambut basah, salah satunya peregangan rambut (iStockphoto/LightFieldStudios)

Rambut basah membentang sekitar 30 persen dari panjang aslinya tanpa kerusakan. Peregangan rambut yang dapat ditoleransi antara 30-70 persen.

Tidur dengan rambut basah menyebabkan peregangan melebihi panjang yang dapat ditoleransi.

2. Pertumbuhan jamur

Bahaya tidur dengan rambut basah adalah dapat menumbuhkan jamur di rambut. Penelitian tahun 2021 menemukan spesies jamur Malassezia di folikel rambut.

Jamur tersebut menyebabkan kondisi kulit seperti dermatitis seboroik. Kondisi rambut yang basah dalam waktu lama atau didiamkan semalaman dapat meningkatkan risiko berkembangnya kondisi ini.

3. Ketombe

Penelitian 2019 menyebutkan ketombe dapat diperburuk dengan suhu dingin dan kondisi basah. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri dan jamur berperan dalam kondisi itu.

Artinya, rambut basah dapat menyebabkan kondisi kulit kepala kehilangan panas dan memperburuk ketombe.

4. Kerusakan rambut

Woman with messy hairIlustrasi. Bahaya tidur dengan rambut basah, salah satunya kerusakan rambut (Foto: Istockphoto/energy)

Studi di 2017 menyebutkan kerontokan rambut terjadi karena perubahan hormon. Namun kondisi lain seperti rambut basah juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Rambut basah yang dibawa tidur dapat menyebabkan kerusakan folikel dan mengakibatkan rambut patah.

5. Jerawat di kulit kepala

Kondisi tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan jerawat karena tersumbatnya folikel di bawah kulit oleh sebum. Alasannya, rambut basah mengandung bakteri.

Rambut yang basah dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko berkembangnya jerawat di kulit kepala.

6. Berkembangnya bakteri

Tidur dengan rambut basah akan menyebabkan perkembangan bakteri di kepala. Hanya dengan mengganti sarung bantal tidak akan cukup menghentikannya, mengutip Times of India.

7. Memperburuk sistem imun

Tidur dengan rambut basah juga dapat memperburuk sistem imun tubuh.

Menurut penelitian di tahun 2015 menyatakan kepala seseorang akan kehilangan kehangatan saat terkena dingin. Artinya, tidur dengan rambut basah akan membuat tidak nyaman sehingga istirahat kurang dan menurunkan imun tubuh.

Demikian penjelasan bahaya tidur dengan rambut basah. Semoga bermanfaat.

(glo/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER