Cara Alami Mengobati Bali Belly, Bisa Mereda Tanpa Perlu ke RS

CNN Indonesia
Jumat, 03 Feb 2023 15:30 WIB
Umumnya, penyakit Bali belly bisa sembuh dengan sendirinya melalui perawatan di rumah. Berikut beberapa cara alami mengobati Bali belly. Ilustrasi. Ada beberapa cara alami mengobati Bali belly yang bisa dicoba. (iStock/Sinenkiy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyakit Bali belly tengah ramai dibicarakan. Gara-garanya, putra sulung Venna Melinda, Verrel Bramasta yang harus dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut.

Bali belly diartikan sebagai 'perut Bali'. Kondisi ini merujuk pada masalah perut atau pencernaan yang dialami pelancong di Bali.

Bagaimana cara alami mengobati Bali belly?

Bali belly biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus pada makanan atau minuman. Penyakit ini bisa timbul sebagai reaksi perut yang 'kaget' saat mengonsumsi kuliner baru dan tidak biasa.

Makanan khas Bali sendiri dikenal cenderung pedas dan kaya rempah.

Cuaca lembap dan panas membuat para pelancong dari negara empat musim rentan mengalami Bali belly. Pasalnya, tubuh beradaptasi dengan hal-hal baru di Bali.

Kondisi ini biasanya akan muncul di minggu pertama perjalanan. Pelancong akan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan bakteri baru.

Gejalanya bisa berupa kram perut, mual, muntah, kembung hingga diare.

Umumnya, Bali belly bisa sembuh dengan sendirinya. Namun pada kasus tertentu, penyakit ini membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit.

Cara alami mengobati Bali belly

Dalam kondisi ringan atau sedang, penyakit ini bisa diatasi dengan cara-cara alami. Berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Minum air kelapa

green coconut with water splash on whiteIlustrasi. Minum air kelapa, salah satu cara alami mengobati Bali belly. (iStockphoto/artJazz)

Mengutip laman Prime Plus Medical, air kelapa bisa membantu menangani Bali belly. Air kelapa dipercaya sebagai penetral racun tubuh.

2. Konsumsi minuman probiotik

Minuman probiotik disebut cukup ampuh dalam mengurangi gejala Bali belly. Minuman ini mengandung bakteri baik sehingga membantu menyeimbangkan komposisi bakteri dalam usus.

3. Konsumsi pisang dan apel

Selama mengalami Bali belly, seseorang membutuhkan nutrisi dan cairan yang cukup. Beberapa makanan yang direkomendasikan dikonsumsi saat sakit di antaranya adalah buah pisang dan apel.



(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER