Final Piala Eropa

LIVE: Portugal vs Perancis

Jun Mahares
Senin, 11/07/2016 01:41 WIB
(CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Portugal keluar sebagai juara Piala Eropa 2016 setelah berhasil mengalahkan tuan rumah Perancis 0-1 di Stade de France, Paris, Minggu (11/7) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Gol kemenangan Portugal dicetak Eder di babak kedua masa perpanjangan waktu, tepatnya di menit ke-109. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau Hugo Lloris yang sebelumnya tampil brilian sepanjang pertandingan.

Demikian sajian laporan langsung dari saya, Jun Mahares, sampai jumpa di live report di lain waktu.

----

Selamat pagi pembaca, kembali bersama saya Jun Mahares. Kali ini CNNIndonesia.com akan menyajikan live report partai puncak Piala Eropa 2016 antara Portugal melawan Perancis di Stade de France, Paris.

Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah, berhasrat untuk meraih trofi Henri Delaunay di depan publiknya sendiri. Sementara Portugal juga punya ambisi besar untuk merebut gelar internasional pertamanya kali ini.

Siapakah di antara kedua tim ini yang akan keluar sebagai pemenang? Mari kita saksikan bersama!

----

PRITTTT.... Wasit meniup peluit tanda pertandingan usai. Portugal juara Piala Eropa 2016!

120' Ronaldo terus berada di samping pelatih, Fernando Santos, untuk turut memberikan arahan kepada rekan-rekannya di lapangan.

118' Raphael Guerreiro menjalani perawatan di pinggir lapangan. Sementara Ronaldo bertindak seperti pelatih dengan memberikan instruksi kepada Guerreiro untuk segera masuk ke lapangan.

Hugo Lloris tak kuasa menjangkau bola tembakan Eder. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)


114' Paul Pogba terpaksa menjatuhkan Joao Mario yang berupaya melancarkan serangan balik. Wasit pun mengeluarkan kartu kuning untuknya.

Eder berhasil mengejutkan Lloris dengan tendangan spekulasinya dari luar kotak penalti. Memanfaatkan umpan Moutinho, Eder meneruskan dengan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dijangkau Hugo Lloris.

(Photo by Mike Hewitt/Getty Images)

109' GOLLLLLL... Portugal berhasil mencetak gol melalui tendangan keras EDER dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan Portugal.

107' Koscielny diganjar kartu kuning karena melanggar Eder tak jauh dari kotak penalti. Quaresma maju sebagai eksekutor. Sayang sekali, tendangannya masih membentur tiang.

PRITTT... Masa perpanjangan waktu babak pertama usai. Skor kacamata masih menghiasi laga final Piala Eropa 2016

105' Kedua tim saling serang. Namun, belum ada satupun yang membuahkan hasil.

102' Portugal mendapatkan tendangan penjuru. Quaresma maju sebagai eksekutor dan tendangannya berhasil ditanduk Eder. Namun, bola masih bisa diblok Hugo Lloris.

100' POGBA! Gelandang Juventus itu melakukan aksi memukau di dalam kotak penalti. Namun, upayanya hanya menghasilkan tendangan penjuru.

95' BAHAYA!!! Sundulan Nani melenceng tipis dari gawang. Namun, wasit pun menganggap Nani sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

94' Portugal mendapatkan tendangan bebas setelah Eder dilanggar Umtiti. Tendangan bebas diambil Pepe.

91' Perancis mencoba membangun serangan. Kali ini mereka tidak mau tergesa-gesa dan memulai pertandingan dengan tempo rendah.

PRITTT... Kick-off babak pertama perpanjangan waktu dimulai.

PRITTT.. Babak kedua usai. Belum ada gol yang tercipta dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit!.


Tendangan Gignac masih membentur tiang gawang Portugal. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)


90+2' Peluang emas Perancis dari GIGNAC. Berhasil mengecoh Pepe di kotak penalti, namun tendangannya masih membentur tiang.

84' Sebuah peluang emas dari SISSOKO! Ia kembali melepaskan tembakan keras terukur dari luar kotak penalti, tapi lagi-lagi masih bisa digagalkan Rui Patricio.

Tendangan plessing Nani dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Lloris. Bola hasil penyelematan Lloris mampu disambar Quaresma dengan aksi akrobatik. Sayang, Lloris sudah kembali kepada posisi semula dan bisa menangkap bola dengan sempurna.

Hugo Lloris menggagalkan peluang dari Nani dan Quaresma. (REUTERS/Michael Dalder)


79' Peluang emas Portugal dari kaki NANI dan QUARESMA!

77' Pergantian pemain untuk Perancis: Giroud ditarik keluar dan digantikan Gignac. Portugal pun memanfaatkan momen ini untuk mengganti Renato Sanches dengan Eder yang berfungsi sebagai striker murni.

Penjaga gawang Portugal Rui Patricio tampil brilian kali ini. Sedikitnya tiga peluang emas Perancis mampu dimentahkan olehnya.

74' OLIVIER GIROUD! Mendapatkan peluang bersih di kotak penalti. Sayang, tembakannya dari jarak dekat masih bisa digagalkan Rui Patricio. 

72' Kerja sama apik dipertontonkan Olivier Giroud dan Kingslesy Coleman. Umpan teroboson Giroud ke dalam kotak penalti mampu dijangkau Coleman dan diteruskan dengan umpan tarik. Namun, masih bisa diblok pemain belakang Portugal.

(REUTERS/John Sibley)

70' Absennya Ronaldo praktis mengurangi agresivitas serangan Portugal. Sejumlah upaya yang dibangun kerap kandas akibat kesalahan sendiri.

67' Kingsley Coleman mencoba melakukan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil tendangannya masih melenceng.

Menerima umpan silang dari sisi kanan pertahanan lawan, Griezmann yang berhasil lepas dari kawalan Pepe sukses menyundul bola di kotak penalti. Namun, bola masih melenceng dari target.

(REUTERS/Darren Staples)


65' GRIEZMAN. NYARIS!

59' Portugal mulai memainkan bola di daerah pertahanan sendiri untuk memancing para pemain Perancis leuar dari wilayahnya.

(REUTERS/Darren Staples)

53' PAUL POGBA. Gelandang Juventus itu melepaskan tendangan voli nan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya bola masih melambung deras di atas mistar gawang Portugal!

51' Sissoko sejauh ini menjadi motor serangan Perancis. Pergerakannya kembali berhasil menembus sisi kiri pertahanan Portugal. Melepaskan umpan silang ke bibir gawang, namun masih bisa diadang Pepe. 

Petugas keamanan berupaya menghentikan fan yang ingin masuk ke lapangan. (REUTERS/John Sible)

48' Portugal mencoba membangun serangan dari sisi kanan, diakhiri dengan umpan silang Luis Nani, sayang tidak ada rekan-rekannya yang siap menyambut di kotak penalti.

PRITTTTT... Kick-off babak kedua.

Statistik Pertandingan:


[Gambas:Sportradar]



PRITTTTT... Babak pertama usai. Kedudukan masih imbang 0-0.

45+1' Joao Mario mencoba melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, sayang umpan manisnya itu tak ada yang menyambut.

45' Patrice Evra pun menjalani perawatan di pinggir lapangan. Namun, masih bisa melanjutkan pertandingan.

44' Griezmann berupaya memenangi duel di dalam kotak penalti, namun terjatuh. Wasit tak menganggap hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran.

40' Portugal mendapatkan tendangan penjuru. Quaresma yang mau sebagai eksekutor memberikan umpan ke dalam kotak penalti, namun belum mampu disambut oleh rekan-rekannya.

(REUTERS/Kai Pfaffenbach)


38' Giroud berhasil memenangkan duel di udara menyambut umpan silang dari sisi kiri. Bola masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi penjaga gawang Portugal.

35' Sejauh ini serangan kedua tim kerap terhenti di lini tengah. Penguasaan bola masih didominasi Perancis.

29' SISSOKO kembali berhasil merepotkan lini pertahanan Portugal. Menerobos dari tengah lapangan dan melewati dua pemain lawan, ia berhasil menembus kotak penalti. Namun, usahanya untuk melepaskan umpan silang masih bisa diblok lawan.

Keluarnya Ronaldo memang menjadi kerugian bagi Portugal. Namun, ini adalah laga final. partai hidup dan mati. Selecao das Quinas harus membuktikan diri tidak hanya bergantung kepada Ronaldo semata! 

25' Ricardo Quaresma masuk menggantikan Ronaldo.

(REUTERS/Charles Platiau)

Ronaldo ditandu keluar lapangan sambil menangis dan menutup wajahnya. Ia pun mendapat applaus dari penonton baik itu suporter Portugal maupun Perancis.

23' Cristiano Ronaldo mengisyaratkan untuk diganti lantaran tak tahan dengan nyeri yang dirasakannya.

21' SISSOKO. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Rui Patricio dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

20' Ronaldo kembalil ke lapangan. Namun, langkahnya sedikit terpincang-pincang!

Ronaldo mengerang kesakitan dan terpaksa menjalani perawatan di pinggir lapangan. (REUTERS/Charles Platiau)


17' Ronaldo mengerang kesakitan sambil memegang kakinya yang baru saja dihantam Laurent Koscielny. Ia harus kembali menjalani perawatan di pinggir lapangan.

15' Perancis mendominasi permainan di sepanjang 15 menit pertama. Sementara Portugal memilih untuk bermain lebih bersabar dan membangun serangan secara perlahan sambil menunggu celah untuk melancarkan serangan balik.

Antoine Griezmann nyaris menetak gol pembuka bagi Perancis jika saja sundulannya tidak mampu diblok Rui Patricio. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)


9' GRIEZMANN. Nyaris saja mencetak gol pembuka bagi Perancis. Sundulannya masih bisa ditepis keluar oleh Patricio.

8' Cristiano Ronaldo dilanggar keras dan terpaksa menjalani perawatan keluar lapangan. Tak lama kemudian ia kembali ke lapangan.

(REUTERS/Michael Dalder)

6' GRIEZMANN. Tendangan kerasnya dari sisi kiri kotak penalti masih pun masih melambung di atas mistar.

5' Perancis balas mengancam. Sissoko yang mendapat bola kemelut di luar kotak penaltilangsung disambar dengan sepakan keras. Bola masih melambung jauh di atas mistar Rui Patricio.

4' NANI. Nyaris! Menerima umpan lambung langsung ke kotak penalti. Nani berhasil menjangkau bola dan melepaskan tendangan keras. Namun, bola masih melayang di atas mistar gawang Hugo Lloris.

1' Perancis mencoba membangun serangan dari sisi kiri, namun masih belum mampu menembus pertahanan Portugal yang dikawal Cedric.

PRITTTTT... Kick Off babak pertama dimulai.

Saat ini kedua tim telah memasuki lapangan dan menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing.

----

Trofi Henri Delaunay yang akan diperebutkan Portugal dan Perancis di final Piala Eropa 2016. (REUTERS/Carl Recine)

Tim nasional Portugal bermain di final Piala Eropa 2016 dengan dibayang-bayangi rekor buruk dari Perancis. Yakni, tak pernah menang atas Perancis dalam 10 pertandingan terakhir.

Kemenangan terakhir yang diraih Portugal atas Les Blues terjadi pada empat dekade silam, yaitu dalam laga persahabatan pada 1975. Portugal menang 2-0.

Secara keseluruhan, Perancis dan Portugal telah berjumpa 24 kali sepanjang sejarah. Hasilnya, Perancis meraih 18 kemenangan, sementara Portugal hanya lima kali menang dan sisanya berakhir imbang.

Meski demikian, Selecao das Quinas yang kini diperkuat pemain terbaik dunia tiga kali; Cristiano Ronaldo berhasrat menuliskan tinta emas dalam sejarah sepak bola Portugal. Yakni, juara di Piala Eropa 2016.

Sementara tuan rumah Perancis telah mencicipi dua trofi Piala Eropa pada 1984 dan 2000. Pelatih Didier Deschamps uang turut andil membawa Tim Ayam Jago juara pada tahun 2000 berpeluang meraih gelar yang sama sebagai pelatih.

-----

Susunan Pemain:

[Gambas:Sportradar] (jun/jun)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar
video
+
KLASEMEN
GROUP A B C D E F
TOP LIST
foto
+