Karya Unik

Gajah India Ciptakan Lukisan Indah

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Selasa, 02/09/2014 13:22 WIB
Gajah India Ciptakan Lukisan Indah
Jakarta, CNN Indonesia -- Lukisan gajah India dijual di sebuah galeri di Delhi, India guna mengumpulkan uang untuk binatang-binatang yang terancam punah.

Pelukis karya-karya itu adalah Phoolkali, gajah yang diselamatkan dari pemiliknya yang kejam. India adalah rumah bagi 25.000 gajah. Angka ini terus menurun lantaran perburuan liar dan kerusakan habitat mereka.

Saat melukis Phoolkali akan mengusap cat dengan kakinya dan menekannya ke kanvas. Seniman Alpana Ahuja yang melatih Phoolkali  mengatakan ia menggunakan pisang dan makanan lainnya untuk memikat Phoolkali agar mau menciptakan karya seni.


Ahuja mengatakan kepada AFP bahwa ia harus membuat suasana hati gajah menjadi baik, kemudian mengoles cat ke kaki mereka dan menekannya ke kanvas agar dapat menciptakan jejak kaki raksasa yang berwarna cerah.

Sejumlah uang telah terkumpul dari hasil penjualan tersebut – lukisan dihargai sekitar AS$ 165 sampai AS$ 400 atau sekitar Rp 1,9 - 4,6 juta. “Uang tersebut akan digunakan untuk konservasi gajah,” ujar Direktur Seni Galeri ArtSpice, Delhi, Babita Gupta.

Pameran ini bertepatan dengan festival sepuluh hari untuk merayakan hari kelahiran Dewa Hindu Ganesa, yang dimulai pada Jumat lalu. “Dalam budaya kami, gajah dimuliakan seperti Dewa Ganesa. Namun, hewan yang merepresentasikan Dewa Ganesa justru disiksa,” ujar perwakilan Wildlife SOS Geeta Seshamani yang turut bekerjasama dalam pameran ini.