Situs Bersejarah

Universitas Nalanda Kembali Dibuka Setelah 800 Tahun

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Rabu, 03/09/2014 11:35 WIB
Universitas Nalanda Kembali Dibuka Setelah 800 Tahun
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah universitas kuno India dibuka kembali setelah 800 tahun kejadian penghancuran universitas tersebut dalam sebuah invasi. Universitas Nalanda yang terletak di sebelah timur Bihar pertama kali didirikan pada abad kelima selama dinasti Gupta. Konon, universitas ini menarik ribuan pelajar dan pemikir dari seluruh dunia, tetapi universitas ini hancur pada 1193 AD karena invasi tentara Turki.

Berdasarkan laporan Times of India, kampus baru akan berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi universitas aslinya. Namun, berdasarkan laporan Koran Indian Express, baru ada segelintir siswa dan sekitar 11 anggota staf.

Wakil Rektor Gopa Sabarwal mengatakan, “Lebih dari 1.000 siswa dari 40 negara mencoba masuk Universitas Nalanda. Namun hanya 15 siswa yang terpilih, termasuk dari India, Bhutan, dan sisanya dari India.” Ia menambahkan, lebih banyak lagi siswa akan terdaftar pada bulan September.


Pembangunan konstruksi kampus baru ini berjalan lambat. Target penyelesaiannya adalah tahun 2020 tetapi dilaporkan bahwa pekerjaan konstruksi tersebut belum mulai sama sekali.

Nantinya, universitas ini akan punya tujuh fakultas dan menawarkan studi ilmu pengetahuan alam, filosofi, spiritualitas, dan ilmu sosial. Universitas ini didanai oleh pemerintah dan didukung 18 negara yang tergabung dalam East Asia Summit (EAS), termasuk Tiongkok, Singapura, dan Australia.