NOVEMBER MAN

Pierce Brosnan Merasa Kosong Setelah James Bond

Utami Widowati, CNN Indonesia | Senin, 08/09/2014 16:49 WIB
Setelah  memerankan James Bond di lima film, Brosnan akhirnya pensiun karena habis masa kontraknya. Ini membuat Brosnan jadi satu-satunya Bond yang mengakhiri perannya bukan atas permintaan dari sang aktor.
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika film November Man diumumkan bakal segera tayang, sebagian orang sudah menantikannya karena ada nama Pierce Brosnan sebagai pemeran utama di film itu.
 
Memang orang  mengenalnya sebagai salah satu pemeran James Bond yang lumayan lama. Padahal Pierce Brosnan mengawali karir beraktingnya dengan peran-peran yang kecil juga.

Lahir pada 16 Mei  1963 di Navan, County Meath, Irlandia, dari ibu seorang perawat dan ayah tukang cat bangunan. Setelah orangtuanya  bercerai Brosnan yang saat itu baru berusia empat tahun harus tinggal dengan nenek dan kakeknya dari pihak ibu.

Si ibu sendiri harus pergi ke London untuk kursus lebih lanjut sebagai perawat.  Ketika akhirnya ibunya menikah lagi, ayah tiri Brosnan lah yang memperkenalkannya pada dunia film.


Lansung saja dia jatuh cinta pada dunia film setelah  setelah menonton james Bond  dalam Goldfinger (1964), Lawrence of Arabia (1962) dan film Doctor Who (1963).  

Brosnan adalah lulusan dengan predikat memuaskan  dari program di Drama Center, London, Inggris.  Peran terbesar Brosnan yang punya dua kewarganegaraan — Irlandia dan Amerika Serikat ini —  tak bisa dipungkiri adalah saat menjadi agen rahasia, James Bond.

Namun sebenarnya serial penyelidik partikelir Remington Steele (1982) yang lebih dulu mengangkat namanya. Ceritanya tentang seorang kriminal yang terobsesi pada film-film klasik, yang kemudian tobat menjadi seorang penyelidik pribadi.

Tentang keterlibatannya dalam serial Remington Steele yang dianggap murahan, Brosnan punya argumen sendiri. “Ada tagihan yang harus kubayar, ada sekolah yang harus saya danai, saya harus menyediakan makanan untuk keluarga. Anda boleh merasa berharga sebagai aktor, tapi pada akhirnya Anda harus punya pekerjaan dulu.”

Nah, ketika Timothy Dalton tak lagi bisa melanjutkan perannya sebagai agen 007 di tahun 1986, peran Brosnan sempat menerima naskah The Living Daylights (1987). Padahal saat itu dia masih terikat kontrak dengan Remington Steele,  untuk tujuh musim.

NBC, produser Remington Steele kemudian membatalkan  kontrak kerja mereka, sehingga Brosnan bisa bebas bermain dalam The Living Daylights (1987).  Namun keputusan itu akhirnya diralat oleh NBC dengan mendekati produser James Bond agar Brosnan bisa memerankan Steele sekaligus Bond.

Namun produser James Bond, Alber R Broccoli mengatakan,  “James Bond tak akan menjadi Remington Steele dan sebaliknya Remington Steele tak akan menjadi James Bond,” kata Broccoli.

Ketika NBC memutuskan untuk membuat season ke lima, akhirnya Brosnan harus merelakan perannya sebagai Bond diambil kembali oleh Timothy Dalton sampai akhirnya Remington Steele benar-benar dihentikan penayangannya setelah season ke lima.

“Peran itu sebenarnya lebih cocok dibawakan oleh orang yang berusia 40-an, cukup tua untuk punya kepercayaan diri, keanggunan dan kekuatan. Bond adalah orang yang penuh kepercayaan diri,” kata Bond tentang pertama kali dia mendapatkan peran James Bond.

“Sementara saya di tahun 1986, baru berusia 33 tahun dan masih terlihat seperti anak laki-laki. Jika wajahku sudah berubah ini benar-benar butuh waktu.”

Setelah  memerankan James Bond di lima film, Brosnan akhirnya pensiun karena habis masa kontraknya. Ini membuat Brosnan jadi satu-satunya Bond yang mengakhiri perannya bukan atas permintaan dari sang aktor.

“Saya selalu menjadikan film sebagai sesuatu yang personal. Termasuk James Bond. Saya harus berinvestasi dalam setiap peran yang aku bawakan,” kata Brosnan tentang perannya di James Bond.

“Saya sudah memperjuangkannya, dan membutuhkannya. Saya punya keberuntungan dan sedikit bakat yang bisa aku poles dan latih. “

Boleh dibilang hampir tak ada film Brosnan yang meledak di pasaran usai dia pensiun sebagai agen 007 itu. Namun dia punya harapan besar dari film terakhirnya, November Man yang mulai ditayangkan.

“Setelah bermain di   sejumlah ilm tentang James Bond, setelah jadi pahlawan pembela bumi lima kali, saya merasa ada yang hilang dalam hidupku,” kata Brosnan, menyebut alasannya mengapa menerima peran di November Man.    

REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK