Cas Cis Cus Bahasa Alien

Vega Probo, CNN Indonesia | Rabu, 01/10/2014 18:42 WIB
Bagi sebagian orang, bahasa Elvish di trilogi The Lord of the Rings tak memuai begitu saja begitu filmnya “the end.“ Mereka tertarik mempelajarinya. Bahasa “aneh” bisa dipelajari via online.
Jakarta, CNN Indonesia -- ”Bahasa alien”—fictional language atau constructed language yang disingkat conlang—muncul di sejumlah literatur, televisi, film, juga video games. Sejalan dengan itu, hadir pula buku dan kursus online, juga komunitas.
 
Memahami bahasa “asing” serasa memasuki dunia lain. Agaknya benar pepatah Ceko, “You live a new life for every new language you speak. If you know only one language, you live only once.”
 
Dothraki
Bahasa “interaksi manusia dan kuda” di serial Games of Thrones yang ditayangkan HBO ini dikreasikan oleh David J. Peterson, anggota Language Creation Society. Serial ini diangkat dari novel A Song of Ice and Fire karangan George R.R. Martin.
 
Agar pemirsa bisa sefasih Daenerys, Living Language bekerja sama dengan HBO Global Licensing merilis fitur dan app Dothraki pada 7 Oktober 2014. Harga berkisar 20 hingga 30 dolar AS, mencakup ratusan kosa kata dan frasa, kuis interaktif dan games. Tersedia di App Store dan www.livinglanguage.com.
 
Hash yer dothrae chek asshekh? (Bagaimana kegiatan berkuda hari ini?)
 
Klingon
Hadirnya app Kamus Klingon yang dirilis Bing Translator tentu saja disambut gembira oleh fans Star Strek. Mereka tak lagi kesulitan memahami bahasa yang dikreasikan oleh Marc Okrand ini dalam Stark Trek: Into Darkness (2013).
 
Sebelumnya, sudah dirilis The Klingon Dictionary (1985). Di luar film, pemakaian bahasa Klingon terbilang meluas, dari aksi teater Hamlet karya Shakespeare sampai audio panduan bagi pengunjung Gua Jenolan di Blue Mountain di New South Wales.
 
Na’vi
Hanya dalam tempo setahun pasca film Avatar dirilis pada 2009, komunitas pecinta bahasa Na’vi bertumbuh di dunia maya. Di learnnavi.org, tersedia kamus, materi pelajaran dasar sampai forum diskusi.
 
Kosakata dan tata bahasa Na’vi dikreasikan oleh linguis Paul Frommer khusus untuk film besutan sutrada James Cameron. Sekitar 1.000-an kata Na’vi juga bisa dipelajari melalui app di itunes.apple.com dan Twitter @LearnNavi.
 
Elvish
Ada banyak cara mempelajari bahasa yang dikreasikan oleh J.R.R. Tolkien ini. Selain app ElvenSpeak di itunes.apple.com, bisa juga via website The Council of Elrond:Language of Middle-earth, The Elvish Linguistic Fellowship, Fellowship of the Wordsmiths dan Mellonath Daeron.
 
Semua itu memperkaya versi bukunya yang sudah lebih dulu rilis, seperti kamus Inggris-Elvish serta Gateway To Sindarin yang berisikan tata bahasa Elvish yang sangat akademis.