Tantangan Selfie Bangun Tidur Demi Kumpulkan Dana

Karina Armadani, CNN Indonesia | Selasa, 07/10/2014 16:47 WIB
Tantangan Selfie Bangun Tidur Demi Kumpulkan Dana Ilustrasi selfie bangun tidur.
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Ice Bucket Challenge merambat ke organisasi-organisasi lain untuk membuat kampanye-kampanye serupa. Sekarang giliran lembaga internasional UNICEF yang menggunakan metode ini.

Tren ini bernama Wake Up Call yang mengharuskan mereka yang ditantang untuk memasangkan foto mereka saat baru bangun tidur. Tantangan merupakan gabungan dari kegilaan menyiram diri dengan air es yang mendominasi internet beberapa waktu  lalu dan juga tantangan #nomakeupselfie awal tahun ini.

Kampanye baru UNICEF ini disebut-sebut akan menandingi kampanye #nomakeupselfie yang telah menggalang £8 juta atau sekitar Rp 157 miliar untuk sebuah lembaga penelitian kanker di Inggris. Intinya sama-sama akan menawarkan pengalaman serupa untuk melihat wajah para selebritis tanpa riasan wajah.


Bedanya, tantangan ini tidak ditujukan bagi para pengguna riasan wajah saja, tetapi juga menuntut kontribusi dari para wanita dan juga pria.

Salah satunya yang menjalankan tantangan ini adalah aktor dan pembawa acara Stephen Fry yang memasang foto dirinya menggunakan kaus hitam dan ekspresi kebingungannya melalui akun Twitternya dengan 7,5 juta pengikut. "Saya peringatkan, jangan lihat," tulis Fry.

Ada lagi aktor lain yang terkenal dengan perannya dalam film Thor sebagai Loki Tom Hiddleston yang mengungkap foto dirinya yang mengenakan kaus putih dan jaket bertudungnya.

Sama dengan tantangan ice bucket, para partisipan dalam #wakeupcall harus menominasikan teman-teman mereka untuk melakukan hal serupa dengan mereka.

Untuk itu Hiddleston menominasikan pemeran Hermione Granger  Emma Watson, Keeley Hawes dari acara BBC Two's Line of Duty, juga Josie Rourke sutradara artistik teater Donmar Warehouse di London.

Tantangan ini juga dilakukan oleh sosialita dan duta besar UNICEF di Inggris, Jemima Khan.  yang menggagas kampanye ini dengan menampilkan fotonya sedang duduk di kasur dengan rambutnya yang masih berantakan.

Khan juga memasang videonya di Instagram yang menampilkan dirinya dibangunkan oleh anjing keluarganya.

Ia juga menjelaskan idenya lewat Twitter, "Pasang video Anda saat baru bangun tidur atau ambil foto terlebih dulu. Lalu nominasikan tiga teman untuk menunjukkan moment bangun tidur mereka dan bantu membangunkan masyarakat tentang krisis anak-anak di Suriah."

Pada saat memasangkan foto bangun tidur mereka, para artis ini juga menyertakan untuk mengirim pesan ke nomor 70007 yang berisi tulisan SYRIA untuk menyumbangkan £5 sekitar Rp 98 ribu yang didonasikan untuk program UNICEF Syria Emergency Fund.

Program ini akan membantu pengungsi Suriah yang berada di kamp pengungsi Zaatari, di negara tetangganya Yordania yang dihuni oleh 80 ribu orang.

Kamp ini telah menjadi tempat berlindung pengungsi Suriah sejak adanya konflik kekerasan di tahun 2011 dan telah menjadi pemukiman permanen dengan terus berlanjutnya konflik ini.

Tulisan di majalah New Statesmen, Khan menjelaskan, "Saya memiliki niat untuk meminta teman-teman mendonasikan yuang mereka dengan menggalang acara makan malam amal," kata Khan di majalah New Statesmen.

"Tetapi saya sadar cara tercepat untuk menggalang dana adalah dengan kampanye melalui media sosial – saya mencoba mengikuti kesuksesan tantangan Ice Bucket," kata Khan melanjutkan.

Tantangan Ice Bucket sendiri telah mengumpulkan US$ 100 juta atau sekitar Rp 12 triliun untuk penyakit ALS.