Karya Seni

Kamar Mandi Tergeletak di Seruas Jalan New York

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 29/12/2014 16:35 WIB
Kamar Mandi Tergeletak di Seruas Jalan New York Ilustrasi: Seruas Jalan di New York berhiaskan toilet karya seniman lokal. (Getty Images/SeanPavonePhoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagaimana jika jalanan kota yang selama ini Anda lewati menjadi selayaknya set untuk sebuah drama? Sepasang warga New York, AS, mengubah jalanan sekitar rumahnya menjadi ruang tamu, kamar tidur, bahkan kamar mandi yang terbuka untuk publik.

Justin Bettman dan Sozde Eker adalah sepasang suami-istri seniman yang iseng "mendandani" jalanan sekitar rumahnya menjadi seperti lokasi serial drama.

Mereka bekerja semalaman untuk menempatkan ranjang, lemari, sofa, meja, kursi, lemari dalam beberapa lokasi hingga menyerupai ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi sungguhan.


Properti yang mereka taruh di jalanan tersebut pun dapat digunakan secara bebas oleh warga New York yang tertarik dengan "pernak-pernik rumah" di jalanan tersebut.

Beberapa warga tertarik untuk mencoba properti yang disusun oleh Bettman dan Eker. Seorang anak kecil sudah memakai piyama lengkap dan membawa sebuah boneka beruang untuk masuk ke dalam set kamar tidur yang disediakan seniman tersebut. Bahkan seorang warga tiduran dalam bathup sembari membaca koran seolah-olah berada di kamar mandi sendiri.

Tindakan kedua artis tersebut adalah kelanjutan menggambarkan kehidupan asli New York. Pada tahun '70-an dan '80-an, kehidupan jalanan New York sangat menyeramkan dan tidak aman.

Kondisi tersebut digambarkan oleh Martin Scorsese dalam The King of Comedy yang menunjukkan Times Square penuh dengan anak jalanan dan preman.

Kini, tren seni mulai bergeser dengan menaruh furnitur di tengah jalan dan biarkan orang-orang bertindak sesukanya, itulah gambaran asli masyarakatnya.