FILM INDONESIA

The Raid 2: Berandal Setara Film Box Office Amerika

Rahmi Suci Ramadhani | CNN Indonesia
Senin, 05 Jan 2015 16:30 WIB
The Raid 2: Berandal masuk dalam daftar 10 Film Terbaik 2014 versi IMDb. Ia sejajar dengan film seperti X-Men: Days of Future Past dan Guardians of the Galaxy. Poster film The Raid 2: Berandal (Dok. Merantau Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain sukses menjadi film kedua terlaris sepanjang 2014 di Indonesia, The Raid 2: Berandal berhasil menyeruak di antara jajaran film box office dunia. Film yang ditonton lebih dari 1,4 juta orang secara domestik itu termasuk dalam daftar 10 Film Terbaik 2014 versi Internet Movie Database (IMDb).

Dilansir dari situs resminya, IMDb menempatkan film garapan Gareth Evans itu di posisi ketujuh. Ia bersanding dengan Interstellar garapan Christopher Nolan, Gone Girl ala David Fincher, Guardians of the Galaxy buatan James Gunn, dan film-film Hollywood lainnya.

Peringkat film terbaik ditabulasi berdasarkan penilaian tim IMDb dan rating penonton. The Raid 2: Berandal mendapat 8,1 dari total nilai tertinggi 10. Ario Sagantoro, produser The Raid 2: Berandal mengatakan, masuknya The Raid ke jajaran film terbaik dunia patut dibanggakan.

"Ini memberikan energi baru, memberikan semangat untuk bisa lebih baik lagi dalam membuat film," kata produser yang akrab dipanggil Toro ini saat dihubungi CNN Indonesia melalui telepon pada Senin (5/1).

Toro menambahkan, pencapaian itu menunjukkan The Raid 2: Berandal digemari pasar film internasional. "Meski pemeringkatan berdasarkan rating sifatnya relatif, bagaimanapun juga tetap bangga karena dapat bersanding dengan jajaran film box office kelas dunia. Ini harus dipertahankan," kata Toro.

Apresiasi prestasi film The Raid 2: Berandal juga muncul dari para penggemar melalui akun media sosial. "Saya justru tahu informasi ini dari penggemar setia yang mengucapkan selamat melalui chat. Dan yang paling banyak melalui media sosial," ucap Toro.

Di media sosial Twitter misalnya, kicauan dari pemilik akun @lenggosp menyatakan "Salut euy! The Raid 2 masuk Top 10 Movies in 2014 versi IMDb...". Apresiasi juga diucapkan pemilik akun @NoorRindho "Selamat untuk The Raid 2 yang masuk peringkat No. 7 dalam daftar IMDb Top 10 Movies of 2014 #Awesome #The Raid2."

"Dengan prestasi ini, kita harus tetap membumi dan tidak besar kepala," kata Toro menambahkan.

Dalam daftar 10 Film Terbaik 2014, IMDb menobatkan Interstellar sebagai jawara film terbaik. Penjelajahan luar angkasa untuk mencari bumi baru yang dibintangi Matthew McConaughey itu mendapat nilai 8,9.

Boyhood menempati urutan kedua. Film yang mengisahkan hidup lelaki muda bernama Mason yang diperankan Ellar Coltrane tanpa aktor pengganti selama 12 tahun itu diberi nilai 8,4.

Di bawahnya, ada film yang dibintangi Ben Affleck, Gone Girl dengan nilai 8,3. Film yang diangkat dari novel karya Gillian Flynn itu mengalahkan Guardians of the Galaxy. Meski menjadi film kedua terlaris di dunia setelah Transformers: Age of Extinction, film itu hanya diberi nilai 8,2 oleh IMDb.

Petualangan Gustave H dan Zero Mustafa dalam film The Grand Budapest Hotel menempati peringkat kelima dengan nilai 8,1. Di posisi keenam dan ketujuh, dengan rating yang sama ada X-Men: Days of Future Past dan The Raid 2: Berandal. Tiga posisi terakhir ditempati How to Train Your Dragon 2, Edge of Tomorrow, dan The Fault in Our Stars dengan nilai 8,0.

(rsa/rsa)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER