Kabar Film

Iko Uwais Masih Sibuk Syuting Bareng Aktor Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 06/01/2015 15:10 WIB
Iko Uwais Masih Sibuk Syuting Bareng Aktor Hollywood Iko Uwais dalam poster film The Raid 2: Berandal (Dok. Merantau Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum berandai-andai apakah benar Iko Uwais dan dua bintang The Raid 2: Berandal bakal membintangi Star Wars: The Force Awakens, mari berbicara soal film internasionalnya yang sudah pasti. Beyond Skyline. Itu merupakan sekuel dari Skyline yang dirilis tahun 2010.

Dalam film itu, Iko akan beradu akting dengan bintang The Purge: Anarchy, Frank Grillo. Bukan hanya itu, bersama Yayan Ruhian--pemeran Mad Dog di film The Raid--Iko juga bakal menjadi koreografer untuk film itu. Pertarungan fisik mereka dalam The Raid dianggap cukup cemerlang untuk disalurkan dalam Beyond Skyline.

"Kami menyuguhkan model baru pertempuran alien. Jadi, siapa yang lebih baik untuk memerankannya selain kelompok petarung paling inovatif di dunia?" kata produser Beyond Skyline, Greg Strause dalam Variety, saat ditanya alasannya memilih Iko dan Yayan.


Di film Skyline, Greg menjadi sutradara. Kali tugasnya diambil alih oleh Liam O'Donnell. Greg dan Colin Strause menjadi produser bersama Matthew Chausse dan Mike Wiluan.

Dihubungi melalui telepon, Selasa (6/1) Iko menuturkan, ia masih dalam proses syuting film itu sampai akhir Januari. Pengambilan gambar dilakukan di Batam. Iko mengaku memerankan Sua, pria asal Laos. Seperti dalam The Raid, ia juga bakal bertarung dengan tangan kosong. Bedanya, kali ini ia melawan alien.

"Ada yang tangan kosong, ada yang pakai pisau dan senjata lain," katanya menyebutkan.

Harus mengajar koreografi silat untuk aktor Hollywood sekelas Frank Grillo, tidak membuat Iko minder. Ia mengaku tidak ingin menghilangkan karakter Grillo sebagai petinju. Sementara dirinya, akan tetap bersilat.

Iko mengatakan, bahasa Inggrisnya yang beraksen Asia sangat menguntungkan dalam proses film itu. "Dialognya harus ada intonasi dan emosi. Sutradaranya suka dengan aksen saya. Dia bilang, 'Jangan diganti karena peran kamu pria asal Asia, bukan Amerika, jangan disamakan'," tutur Iko menceritakan pengalamannya.

Film sebelumnya, Skyline mengisahkan invasi alien ke bumi. Makhluk-makhluk luar angkasa menghantui manusia dengan sinar biru. Film itu dibintangi Eric Balfour, Scottie Thompson, Brittany Daniel, Crystal Reed, dan Neil Hopkins. Kini, Beyond Skyline melibatkan bintang yang lebih berkelas dan serius.

Ceritanya pun berbeda. Grillo merupakan ayah yang menyelamatkan anaknya yang diculik. Sedang Iko, memerankan pemimpin kelompok perlawanan bawah tanah yang terbentuk setelah alien mendarat di bumi, sebagai kelanjutan Skyline.

Ini bukan pertama kalinya Iko harus beradu akting dengan aktor Hollywood. Sebelumnya dalam Man of Tai Chi ia menjadi pemeran pembantu melawan Keanu Reeves. Yayan pun bakal berkiprah di film asing, The Night Comes for Us.

(rsa/vga)