Sujud Syukur dan Konser Intim Michael Buble Bikin Merinding

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 30/01/2015 08:00 WIB
Sujud Syukur dan Konser Intim Michael Buble Bikin Merinding Penampilan Michael Buble saat konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Kamis (29/1) malam. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menggebrak konser perdananya di Indonesia dengan lagu Fever, sontak para penggemar Michael Buble pun "panas dingin." Merinding menyimak penampilan sang divo yang sedari awal sudah prima.

Setelah sekian lama, sejak kemunculannya pada 2009, salah satu penyanyi jazz dunia paling sukses ini akhirnya menginjakkan kaki di Jakarta dan Serpong.

Aksi Buble semalam (29/1) membuat kota satelit Ibu Kota ini terasa beda. Ribuan pecinta jazz, swing, soul, dan sosialita urban berdatangan guna menyaksikan konser peraih empat Grammy ini.


"Terima kasih atas kedatangan dan kerelaan kalian untuk mengeluarkan uang banyak demi penampilan ini," ujar Buble di atas panggung.

"Saya telah menunggu lama untuk dapat tampil di sini, Indonesia sangat indah, dan saya berjanji akan memberikan yang terbaik untuk kalian, nikmati malam ini, bergoyanglah sesuka kalian!"

Penyanyi asal Kanada ini diboyong ke Indonesia dalam rangka Tur Asia, setelah sebelumnya tampil di Kuala Lumpur, Malaysia, dan 31 Januari esok akan tampil di Manila, Filipina.

Meski sempat sakit sehari sebelum konser dan tampak sedikit pucat saat muncul di atas panggung, namun Buble memenuhi janjinya untuk tidak mengecawakan penggemarnya.

Pembuka yang menyenangkan

Konser tadi malam baru dibuka pukul 20.00 WIB di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong. Namun sejak pukul 16.00 WIB para pengunjung sudah mulai berdatangan.

Tiket yang dipatok mula dari Rp 850 ribu hingga Rp 6 juta tersebut ludes dalam waktu singkat, baik melalui pemesanan sebelumnya maupun ticket box.

Keputusan pihak penyelenggara memilih ICE sebagai tempat manggung Buble terbilang tepat. Meskipun lokasi yang masih tergolong terbatas diakses oleh kendaraan umum, namun segala fasilitas pendukung konser yang sangat prima menjadikan konser Buble berkesan.

Ruangan ICE sanggup mendudukkan ribuan penonton dengan nyaman dan disuguhi pencahayaan dan sistem suara yang canggih dan jernih.

Konser dibuka dengan grup pengiring Naturally7 yang menyanyikan banyak lagu ever green, seperti I Feel Good. Grup Afro-Amerika dengan konsep akapela ini sanggup menggerakkan dan memberi pemanasan yang cukup bagi penonton yang sudah tidak sabar menunggu Buble.

Naturally7 menghibur penonton hingga pukul 21.00 WIB. Kemudian, tirai panggung terangkat dan muncullah sang bintang dengan setelan tuksedo dan berdasi hitam. Buble memilih pakaian yang sangat tepat dan memberikan kesan berkelas, gagah, dan gentleman.

Suara Buble yang berat namun lembut mulai mengalunkan lirik Fever. Para penonton yang kebanyakan golongan menengah ke atas ini rupanya tak sabar untuk berteriak dan mengabadikan penyanyi dengan satu orang anak tersebut.

Tak banyak bicara. Usai menuntaskan Fever, Buble melanjutkan ke salah satu lagunya paling hits dan membuat teriakan penonton semakin kencang, Haven't Met You Yet. Lagu yang rilis 31 Agustus 2009 tersebut membuat spontan para penonton berdiri dan bergoyang.

Sujud syukur dan banyolan

Suami dari aktris Luisana Lopilato tersebut memanglah seorang penghibur sejati. Sepanjang konser, ia tak hentinya membuat aksi yang mengundang gelak tawa atapun mengubah emosi penonton menjadi mendayu-dayu.

Buble seringkali melontarkan candaan dengan sesama anggota bandnya, dan terutama kepada pianisnya. Bahkan ia menganggap dirinya dan pianisnya yang seorang pria tersebut ibarat Rose dan Jack dalam Titanic. Buble memilih menjadi Jack, kemudian ia menyanyikan cukilan lirik My Heart Will Go On diiringi oleh "Rose."

Entah candaan atau sindiran, Buble sempat berkata, "Uang yang saya dapatkan dari konser ini akan saya belanjakan untuk AC di gedung ini, di sini sangat panas," ujar Buble. Jelas keringat dirinya mengucur deras dan ditambah dengan jas tuksedo yang ia kenakan sembari goyang ke sana ke mari.

Beberapa kali juga Buble mengajak interaksi dengan penonton. Kali ini yang diajak bicara adalah presenter Indra Herlambang. Buble menyebut Indra sebagai kembarannya lantaran menggunakan tuksedo yang mirip namun berlawanan warna, Buble dengan tuksedo hitam sedangkan Indra dengan yang putih.

Buble pun melakukan tindakan mengejutkan dengan melakukan aksi seperti sujud syukur di atas panggung menghadap penonton. Entah apa yang menyebabkan ia melalukan itu, mungkin ia ingin bersyukur konsernya laris manis.

Juga dengan aksi dadakan Buble yang turun panggung dan berjalan melalui penonton VIP menuju panggung kedua. Kemudian mencoba memegang para penonton yang secara spontan seperti kerasukan saat penyanyi tampan tersebut mendekat.

Kejutan rupanya tak henti diberikan oleh Buble. Ia tiba-tiba terdiam dan dengan mimik serius mengatakan akan menyanyikan lagu yang sangat tua.

"Lagu ini adalah lagu pernikahan kakek dan nenek saya," ujar Buble.

Dan apa yang terjadi? Rupanya ia menyanyikan lagu Everybody karya Backstreet Boys yang dibawakan sedikit jazz. Buble juga berjoget ala boyband yang pernah berjaya era '90-an tersebut.

Untuk para penggemar

Para penggemar Buble dapat dikatakan mendapatkan berkali-kali sanjungan oleh sang idola. Bila biasanya idola yang mendapat pujian penggemar, kini sebaliknya.

"Saya ingin berterima kasih banyak kepada kalian, tanpa kalian saya tidak akan seperti ini," ujar Buble. "Lagu ini untuk kalian," dan mulailah mengalun nada Home.

Setelah mengayun-ayun, Buble menghentak para penggemarnya dengan lagu dari Daft Punk, Get Lucky, serta dari Jackson 5, I Want You Back. Kemudian dilanjutkan dengan Love Somebody karya Michael Bolton.

Pada saat tersebut, para penonton sudah melupakan tempat duduknya masing-masing dan asik berjoget selayaknya konser terbuka. Semua larut dalam irama Michael Buble.

Buble selanjutnya menyanyikan lagu hitsnya, It's a Beautiful Day. Lagu ini rupanya membawa pada akhir ronde pertama. Dan para pengunjung tak puas, minta tambah.

Setelah berganti jas dari hitam menjadi metalik, Buble kemudian menyanyikan beberapa lagu dan menutup dengan A Song For You dengan bagian bagian akhir tanpa menggunakan pengeras suara. Sontak seluruh isi ruangan terdiam mendengarkan jernihnya suara pria 39 tahun tersebut bernyanyi lantang namun tetap terjaga kualitas suaranya.

Dan penonton hanya dapat merinding dan memberikan standing ovation atas kurang lebih 20 lagu yang dibawakan Michael Buble malam itu. Sungguh akan menjadi malam yang penuh kemesraan, canda, suka cita, dan juga kenangan yang manis dari seorang Michael Buble.

CNN Indonesia merangkum susunan lagu yang dinyanyikan Michael Buble tadi malam:

1. Fever
2. Haven't Met You Yet
3. Try A Little Tenderness
4. You Make Me So Young
5. Moondance
6. Come Dance with Me
7. Feeling Good
8. I've Got the World On A String
9. Everything
10. How Can You Mend A Broken Heart
11. Everybody
12. Home
13. Get Lucky
14. I Want You Back
15. Love Somebody
16. All You Need is Love
17. It's A Beautiful Day
18. Cry Me A River
19. Save the Last Dance For Me
20. A Song For You

(rsa/vga)


ARTIKEL TERKAIT