The Walking Dead Laris Diunduh Secara Ilegal

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Rabu, 11/02/2015 10:05 WIB
The Walking Dead Laris Diunduh Secara Ilegal Di Amerika, rating TWD sebenarnya sangat tinggi. (REUTERS/Universal Orlando)
New York, CNN Indonesia -- Serial televisi tentang usaha manusia menyelamatkan dirinya di era zombie, 'The Walking Dead' (TWD), ternyata menjadi serial yang sangat laku untuk diunduh secara ilegal.

Menurut perusahaan pemantau pembajakan, Excipio, seperti yang dikutip dari Variety pada Rabu (11/2), seri kesembilan di musim kelima TWD yang tayang 8 Februari lalu saja sudah diunduh secara ilegal oleh 1,29 juta orang dalam 24 jam pertama sejak tayang.


Bukan lagi rahasia umum, seri TWD memang bisa langsung diunduh secara ilegal setelah 20 menit penayangannya di televisi setiap hari Minggu.


Di Amerika, rating TWD sebenarnya sangat tinggi. Ditonton oleh 15,6 juta penonton legal berusia 18-49 tahun, TWD memiliki rating 8,0.

Tapi rekor pembajakan serial TWD belum dapat mengalahkan rekor pembajakan serial 'Game of Thrones' (GoT), yang diunduh secara ilegal oleh 1,86 orang dalam 24 jam pertama sejak tayang.

Ramainya penonton ilegal TWD tentu saja bukan berita yang membahagiakan bagi pihak Fox International Channels, yang menjadi perusahaan resmi distribusi tayangan tersebut ke 125 negara di seluruh dunia.

Saat ini mereka sedang memutar otak untuk memgatasi hal tersebut.

Selain TWD dan GoT, serial televisi lain seperti 'Breaking Bad' juga ramai diunduh secara ilegal. (ard/ard)


ARTIKEL TERKAIT