Hal-hal Sial yang Terjadi pada Jumat Tanggal 13

Windratie, CNN Indonesia | Jumat, 13/02/2015 22:22 WIB
Hal-hal Sial yang Terjadi pada Jumat Tanggal 13 Hari ini, Jumat tanggal 13 Februari, merupakan yang pertama dari tiga hari Jumat di tanggal 13 di tahun 2015. Jumat tanggal 13 lainnya akan terjadi di bulan Maret dan November.(Getty Images/ Mihai Simonia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini, Jumat tanggal 13 Februari, merupakan yang pertama dari tiga hari Jumat tanggal 13 di tahun 2015. Jumat tanggal 13 lainnya akan terjadi di bulan Maret dan November.

Di beberapa negara, Jumat tanggal 13 yang dikenal juga sebagai Black Friday ini dianggap sebagai takhayul hari sial. Itu terjadi saat hari ke-13  pada bulan dalam kalender Gregorian jatuh pada hari Jumat.

Namun, tak ada bukti tertulis untuk takhayul 'Friday the 13th' sebelum abad ke-19. Takhayul tersebut justru beredar dengan leluasa di abad ke-20. Takut terhadap angka 13 memiliki nama ilmiah triskadekaphobia.


Sementara, fobia terhadap Jumat tanggal 13 disebut dengan paraskevidekatriaphobia. Berasal dari kata Paraskevi yang artinya Jumat, dan dekatreís yang berarti tiga belas.

Tidak pasti diketahui bagaimana takhayul sekitar hari tersebut dapat muncul. Namun, baik hari Jumat ataupun angka 13 dihubungkan dengan penyaliban Kristus. Jumat adalah hari terjadinya penyaliban, dan 13 adalah jumlah orang yang hadir pada perjamuan terakhir.

Keterangan seputar takhayul ini diceritakan oleh Philips Steven, Jr., profesor Antropologi dari University at Buffalo (SUNY).

“Ada tiga belas orang di meja pada Perjamuan Terakhir, dan yang ketiga belas adalah Judas. Perjamuan Terakhir adalah pada hari Kamis, dan pada hari berikutnya Jumat, adalah hari penyaliban,” katanya.

Sekali lagi, tidak ada bukti tertulis tentang Jumat tanggal 13 sebelum abad ke-19. Ada beberapa kemungkinan kenapa takhayul ini berkembang. Salah satunya adalah publikasi dari novel populer Thomas W. Lawson yang berjudul Friday, the Thirteenth, pada tahun 1907. Novel tersebut diduga turut berkontribusi menyebarkan takhyul tersebut.  

Bukan bertujuan untuk menakuti-nakuti ada sejumlah peristiwa nahas di dunia yang terjadi pada Jumat tanggal 13. Dilansir dari laman Independent, berikut daftarnya:
 
1. Seorang anak berusia 13 tahun di Suffolk, Amerika Serikat, disambar petir pada pukul 13:13.

Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, angka tiga belas yang berlimpah pada peristiwa ini terjadi ketika seorang anak 13 tahun tersambar petir di Seafront Air Festival Lowestoft pada Agustus 2010 silam.

Untungnya, hidup anak itu masih dapat diselamatkan. Dia hanya menderita luka bakar ringan dari insiden tersebut.

2. Pada Jumat tanggal 13 virus komputer menyerang.

Pada 13 Januari 1989, virus menyerang komputer-komputer pribadi di Inggris menghapus berkas program dan memperlambat komputer.

3. Istana Buckingham terkena lima bom dari Jerman.

Sebagai bagian dari strategi penyerangan Hitler yang disebut sebagai Blitz, Istana Buckingham terkena lima bom pada tanggal 13 September 1940 yang merobohkan Istana Chapel.

4. Pertemuan yang semakin dekat dengan asteroid pada Jumat, 13 September 2029.

Ini memang belum terjadi, tetapi pada September 2029 bumi akan mengalami pertemuan terdekat dengan asteroid, seperti dilansir laman Independent.



(win/win)