Raisa, 'Cinderella' Disney versi Indonesia

Rahmi Suci , CNN Indonesia | Rabu, 18/02/2015 19:40 WIB
Raisa, 'Cinderella' Disney versi Indonesia
Jakarta, CNN Indonesia --
Penyanyi cantik Raisa Andriana dan Disney Pictures, produsen film animasi terbesar di dunia, seperti berjodoh satu sama lain. Menggemari cerita-cerita Disney sejak kecil, Raisa baru saja digandeng untuk menyanyikan lagu pengiring (soundtrack) film terbaru Disney, Cinderella.

Cinderella merupakan film live action alias non-animasi yang terinspirasi dari dongeng klasik tentang putri sepatu kaca. Dalam film yang dirilis 13 Maret mendatang itu, tokoh Cinderella diperankan oleh aktris baru, Lily James. Sedangkan aktris kawakan, Cate Blanchett memainkan tokoh ibu tiri Cinderella.

Keterlibatan Raisa dalam film itu, bukan disengaja. "Saya dikontak langsung oleh Disney yang di Amerika. Mereka ingin saya menyanyikan lagu A Dream is a Wish Your Heart Makes, lagu soundtrack-nya Cinderella, versi Indonesia," kata Raisa di kantor PT. Walt Disney Indonesia, kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (18/2).

Pelantun lagu Could It Be Love itu mengaku tidak tahu pasti alasan pihak Disney memilihnya untuk menyanyikan lagu yang akan diputar sepanjang promosi film Cinderella tersebut.

"Saya juga enggak tahu sih mereka tahu atau dengar cerita saya ngefans sama Disney apa enggak. Yang jelas, pas saya dengar ceritanya saya langsung mau. Ditawari proyek sebesar ini sih, saya senang," tuturnya dengan antusias.

Dalam bahasa Indonesia, lagu A Dream is a Wish Your Heart Makes diterjemahkan menjadi Mimpi Harapan Hati. Meski judulnya berbeda, aransemen lagu itu sama persis dengan yang aslinya.

"Jadi tentang mimpi, tapi bukan mimpi doang terus enggak melakukan apa-apa. Tapi bagaimana caranya kita harus tetap semangat seperti Cinderella dalam mewujudkan mimpinya," kata penyanyi kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 itu.

Menurut Raisa, proses rekaman lagu seluruhnya dilakukan di Jakarta. Ia mengaku tidak mengalami kesulitan karena memang sudah menghapal lagunya sejak kecil. Selain itu, durasi lagu itu pendek, hanya sekira dua menit.

"Rekamannya pun cepat banget, mungkin rekaman tercepat sepanjang masanya saya. Kira-kira hanya sejam karena saya hapal lagunya jadi tidak ada masalah," tuturnya bercerita.

Namun, Raisa perlu pendalaman rasa dan pengucapan saat menyanyikan. Apalagi gaya menyanyinya pun berbeda. "Gaya bernyanyi saya kan R&B yang lebih laid back, kalau ini waltz begitu, jadi mood dan tempo saya harus adaptasi sebentar. Tapi habis itu cepat," ujarnya lagi.

Selain menyanyikan lagu Mimpi Harapan Hati, Raisa juga terlibat langsung dalam proses penerjemahan lagu dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Dia bekerja sama dengan pihak Disney dan seorang rekan penulis lagu.