Rahasia Kulit Susan Bachtiar Bisa Lebih Muda 14 Tahun

Rahmi Suci Ramadhani, CNN Indonesia | Kamis, 26/02/2015 07:49 WIB
Rahasia Kulit Susan Bachtiar Bisa Lebih Muda 14 Tahun Susan Bachtiar. (CNNIndonesia/Rahmi Suci Ramadhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sulit untuk menebak usia Susan Bachtiar hanya dengan melihat wajahnya. Di usianya yang 41 tahun, wajah Susan amat minim dengan tanda-tanda penuaan.

Yang lebih mengejutkan, hasil tes kulit wajah oleh salah satu merek produk perawatan kecantikan menunjukkan kalau kulit Susan tampak seperti perempuan berumur 27 tahun.

"Untuk perawatan kulit saya selalu rajin membersihkan muka. Dari mana pun kita pergi, kuncinya adalah selalu menjaga kulit agar tetap bersih," kata Susan saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (25/2).




"Kulit kita juga memerlukan nutrisi yang bisa didapatkan dari produk-produk perawatan kulit," ujarnya menambahkan.

Susan menjelaskan, produk perawatan kulit yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Menurut ibu satu anak itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenal kekurangan kulit.

"Setelah diketahui, itu bisa diatasi dengan produk yang sesuai," katanya.

Sebelum memiliki kulit yang terawat seperti saat ini, masalah utama kulit wajah Susan adalah kondisinya yang sangat kering.

Akibatnya, kulitnya cenderung kusam, tidak kenyal, dan berpotensi keriput.

Susan kemudian rajin menutrisi kulitnya dengan berbagai produk mulai dari pembersih muka, sabun, toner, essence, serum, pelembab, hingga tabir surya. Kini, ia terlihat sangat awet muda.

"Meskipun di dalam rumah dari pagi sampai sore, ya tetap bersihkan muka dan cuci lagi pakai sabun. Itu yang biasa saya lakukan," tuturnya.

Ia menambahkan, "Kalau syuting di luar ruangan harus pakai tabir surya. Atau kalau di dalam ruangan, berpendingin, tetap pakai pelembab."

Selain merawat wajah sejak dini dengan produk yang sesuai kebutuhan, Susan juga menyarankan gaya hidup yang sehat. Misalnya, makanan harus memiliki porsi dan kandungan gizi yang cukup.

Artis yang mengawali karier sebagai model ini rajin minum jus sayur dan buah setiap pagi. Ia juga memperbanyak minum air putih serta mengurangi asupan yang mengandung gula berlebih, berminyak, dan berlemak tinggi.

"Seiring bertambahnya umur kita harus menjaga gaya hidup sehat. Kebetulan saya dari dulu juga suka olahraga. Semua harus seimbang," kata Susan.

Artis sekaligus pengajar ini mengaku minimal berolahraga selama satu jam dalam sehari. Penggemar lari ini sering berolahraga lari hingga 5 km setiap pagi. Di akhir pekan, ia beserta suami memanfaatkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor untuk lari pagi hingga 10 km.

"Produk perawatan itu juga ditunjang dengan gaya hidup yang sehat. Percuma kalau pakai produk gila-gilaan tapi masih suka minum alkohol dan merokok. Itu pasti berpengaruh juga pada kulit," tandasnya Susan.

(ard/ard)