Aktor Frans Tumbuan Tutup Usia setelah Sebulan Dirawat

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 08:20 WIB
Aktor Frans Tumbuan Tutup Usia setelah Sebulan Dirawat Frans Tumbuan meninggal Senin (23/3) dini hari. (Dok. https://twitter.com/melancholico (Keke Tumbuan))
Jakarta, CNN Indonesia -- Frans Tumbuan, aktor senior Tanah Air meninggal dunia dini hari tadi. Salah satu musisi yang juga sahabat Frans, Sys NS memberitakan itu pada media, Senin (23/3). "Telah meninggal dunia salah satu aktor Indonesia 'Frans Tumbuan', suami artis Rima Melati," demikian ia mengirim pesan berantai melalui broadcast.

Sys juga menjelaskan, Frans meninggal pukul 00.37 WIB. "Berita lain menyusul," begitu ia menutup pesan singkatnya. Dihubungi pagi ini, Sys membenarkan kabar yang ia sebar tersebut.

"Saya tahu dari anaknya, baru subuh tadi waktu saya cek handphone," kata Sys pada CNN Indonesia saat dihubungi melalui telepon. Sys mengaku belum mengetahui kabar lebih lanjut. Dirinya baru siang nanti akan ke rumah duka.


"Rumah dukanya di St. Carolus ya," ujarnya.

Frans memang sudah lama menderita sakit. Sys sendiri mengaku pernah menjenguknya saat dirawat di Rumah Sakit Mayapada, Cilandak, Jakarta, sekitar 10 hari lalu. Saat itu, kondisi Frans sudah tidak sadarkan diri.

"Saya jenguk itu di ICU, enggak sadar," tuturnya. Sys tidak bertemu Rima saat menjenguk bersama kawan-kawannya. Ia hanya bertemu anak Frans, yang mengatakan sudah pasrah dengan nasib sang ayah. "Saya enggak ada ngobrol apa-apa, cuma minta doa saja. Anaknya juga sudah pasrah kok," tutur Sys menceritakan.

Saat itu, kondisi Frans memang sudah parah. Ia bahkan sudah sekitar sebulan dirawat di ICU. Sys menjelaskan, aktor kelahiran 1 Januari 1939 itu menderita kanker. "Sakitnya kanker itu. Tapi kanker apa, saya enggak tahu," ucapnya.

Sementara itu, diberitakan detikHOT Rima pernah menjelaskan bahwa Frans sejatinya mengidap penyakit gula atau diabetes. Karena kadar gula tinggi, paru-paru Frans sampai harus diperiksa. Namun, saat itu kondisinya membaik.

"Sudah minggu kedua di RS Mayapada," kata Rima.

(rsa/rsa)