Monopoli, Permainan Kapitalis Berusia 80 Tahun

Endro Priherdityo & , CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 14:05 WIB
Monopoli, Permainan Kapitalis Berusia 80 Tahun Permainan Monopoli (CNNIndonesia Internet/William Warby)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang belum pernah bermain Monopoli? Rasanya hampir semua orang mengetahui dan melakoni permainan yang membuat para pemainnya mendadak kaya bahkan mendadak miskin.

Pekan ini, permainan legendaris Monopoli genap berusia 80 tahun. Untuk merayakan momen spesialnya, perusahaan permainan Amerika, Hasbro menunjukkan berbagai evolusi permainan yang kerap kali menagih uang setiap kali Anda melewati sebuah tempat.

Monopoli pertama kali diciptakan oleh Charles Darrow pada 1933. Monopoli generasi pertama ini dibuat sendiri dengan kartu yang ditulis tangan, serta miniatur rumah dan hotel yang terbuat dari sisa-sisa potongan kayu.


Permainan dengan konsep kapitalis ini pada awalnya ditolak oleh sebuah perusahaan Parker Brothers dengan alasan ukuran permainan yang besar, tema yang tidak menarik, dan sistem permainan yang rumit.

Namun ketika Darrow sukses menjualnya melalui sebuah pusat perbelanjaan di Philadelphia, Parker Brothers mengajukan pembelian hak cipta permainan tersebut.

Monopoli dijual perdana dengan harga US$ 2, namun hanya dalam waktu setahun menjadi hits dengan pencapaian 35 ribu eksemplar produksi setiap pekannya.

Kini, Monopoli sudah dibuat dalam 47 bahasa, terjual di 114 negara, dan sudah dimainkan lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia dengan lebih dari 300 versi berlisensi termasuk versi braille serta versi terbuat dari cokelat.

Jika biasanya Monopoli dimainkan dalam hitungan jam, permainan Monopoli terlama pernah dimainkan selama 70 hari! Dan pada 2008, hampir tiga ribu penggemar Monopoli bersatu untuk memainkannya bersamaan.

Versi paling mahal dari Monopoli pernah dibuat seharga US$ 2 juta pada 1998 oleh perusahaan perhiasan Sidney Mobell di San Fransisco.

Kejuaraan Dunia Monopoli pertama diadakan pada 1973 di New York dengan dimenangkan oleh Lee Bayrd. Sejak saat itu, kejuaraan dunia monopoli telah diselenggarakan di Tokyo, Monte Carlo, dan Toronto. Dan untuk 2015 ini, kejuaraan dunia tersebut akan diselenggarakan di Macau, Tiongkok.

(vga/vga)


ARTIKEL TERKAIT