JKT48 Bikin Wakil Malaysia Keok di Kids' Choice Awards

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2015 19:15 WIB
JKT48 Bikin Wakil Malaysia Keok di Kids' Choice Awards JKT48 (CNNIndonesia Reuter Photo/Robertus Pudyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia bisa tersenyum bangga saat menonton Kids' Choice Awards 2015 yang disiarkan di California, AS, pada Sabtu (28/3) waktu setempat.

Ada satu perwakilan kita di ajang penghargaan pilihan anak-anak di dunia itu. Tak sekadar menjadi salah satu nominator, girl band asal Indonesia JKT48 juga menjadi pemenang Bintang Asia Favorit tahun ini.

JKT48 mengalahkan Jinny Boy, Daniel Padilla, dan Tosh Zhang. Boy merupakan pembawa sensasi YouTube asal Malaysia. Padilla adalah aktor asal Filipina, dan Zhang aktor dari Singapura.


Berdasarkan penelusuran di situs web resmi Nickelodeon, penyelenggara acara yang punya ciri khas guyuran cairan hijau kental itu, JKT48 merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia. Ketika ia menjadi pemenang, artinya JKT48 telah dikenal anak-anak di dunia.

JKT48, yang merupakan afiliasi dari AKB48 di Jepang, sekaligus menjadi musisi pertama dari Indonesia yang memenangi hadiah itu.

Label Hits Records telah mengumumkan kemenangan itu melalui Twitter, dengan menyebut akun resmi JKT48. Unggahan itu pun langsung ducuitkan ulang oleh akun resminya, @officialJKT48.

"Terima kasih karena telah memilih kami, ini semua berkat kalian," ujar JKT48 melalui video yang ditayangkan di ajang Kids' Choice Awards. Mereka tidak menghadirinya secara langsung.

Tidak heran jika JKT48 berterima kasih pada penggemarnya. Mereka menang berdasarkan voting ke situs resmi Nickelodeon.

Apalagi JKT48 adalah grup idola terbesar di Asia Tenggara, yang basis penggemarnya mencapai 4,5 juta orang. JKT48 merupakan yang pertama yang mengadopsi konsep AKB48 dari Jepang.

JKT48 dibentuk pada 11 September 2011 di sebuah acara AKB48 di Chiba. Setelah serangkaian penyaringan, generasi pertama JKT48 diperkenalkan pada 2 November 2011.

Dari 28 anggota, ada salah satu yang asli Jepang. Girl band itu pertama tampil di Indonesia 17 Desember 2011, lagu pertamanya Heavy Rotation.

Hingga kini, anggota JKT48 beranggotakan 68 orang, yang terbagi menjadi beberapa tim. (rsa/vga)


ARTIKEL TERKAIT