John Travolta Merasa Tidak Dikelabui Scientology

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2015 14:33 WIB
John Travolta Merasa Tidak Dikelabui Scientology Sudah lama menjadi rumor, Scientology adalah alasan mengapa Cruise dan Katie Holmes bercerai. (Wikimedia Commons/PictorialEvidence)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor legendaris John travolta akhirnya buka suara mengenai dokumenter kontroversial mengenai ajaran Scientology yang berjudul Going Clear.

Meski telah ditayangkan, namun dirinya mengaku tidak akan menonton dokumenter tersebut.

Travolta mengatakan kalau selama bertahun-tahun bergabung dalam komunitas Scientology, ia tidak pernah menemui kejadian yang merugikan dirinya, seperti apa yang tergambar dalam film dokumenter tersebut.


“Saya tidak pernah mengalaminya, jadi mengapa saya harus membicarakannya?,” kata Travolta kepada Tampa Bay Times pada Senin (6/4).

Kisah Travolta yang telah bergabung selama 40 tahun di komunitas Scientology menjadi salah satu topik utama Going Clear.

Dalam dokumenter itu diceritakan kalau Travolta dikelabui agar bergabung dengan komunitas Scientology.

Tentu saja Travolta mengelak tuduhan tersebut.

“Scientology telah menyumbang banyak kebaikan bagi hidup saya,” ujar Travolta.

Tidak hanya agar bergabung, dokumenter Going Clear juga menceritakan bagaimana pihak komunitas Scientology juga diceritakan menyiksa para anggotanya, seperti mengepel lantai dengan lidah, yang hendak keluar dari komunitas.

Diketahui penyiksaan terjadi dalam sebuah penjara di gedung-gedung komunitas Scientology yang tampak mewah dari luar.

Bagi anggota yang telah keluar dari komunitas, keluarganya yang masih bergabung juga akan memutuskan hubungan darah mereka.

Disutradarai oleh Alex Gibney, dokumenter Going Clear juga menceritakan sepak terjang rekan Travolta sesama selebriti, Tom Cruise, dalam komunitas Scientology.

Sudah lama menjadi rumor, Scientology adalah alasan mengapa Cruise dan Katie Holmes bercerai. Digosipkan, Holmes tidak ingin sang anak, Suri Cruise, masuk dalam komunitas Scientology.

Cerita dalam dokumenter tersebut dijabarkan langsung dari mulut para mantan anggota komunitas, yang selama ini merasa kalau diri mereka telah dimanipulasi.

Hingga hari ini anggota komunitas tersebut berjumlah sekitar 50.000 orang. Dan seluruhnya mengatakan kalau dokumenter Going Clear menceritakan kebohongan.

Sejak tayang di festival film Sundance pada Januari 2015, komunitas Scientology telah membuat dokumenter tandingan yaitu Get the Truth.

[Gambas:Youtube]
(ard/ard)