Tim Produksi 'Planet Earth' Hijrah ke Netflix

Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Senin, 20/04/2015 06:17 WIB
Tim Produksi 'Planet Earth' Hijrah ke Netflix Ilustrasi astronot dengan latar belakang bumi. (Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim produksi di balik dokumenter alam The Blue Planet, Planet Earth, dan Frozen Planet kini bermigrasi dari BBC ke Netflix untuk menggarap dokumenter terbaru mereka Our Planet.

"Our Planet akan mengangkat standar kualitas untuk landmark sejarah alam. Kami akan mengungkapkan pemandangan-pemandangan paling menakjubkan di Bumi dan menampilkannya dalam cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Alaistair Forthergill yang dilansir dari The Guardian.

Rumah produksi miliknya, Silverback Films akan menggarap dokumenter yang berisi delapan episode tersebut. Tim produksi Alastair tersebut adalah regu pertama yang memproduksi film dalam high-definition di BBC.


Meneruskan tradisi tersebut, mereka akan merekam Our Earth dengan kamera 4K. Kamera beresolusi 4.000 megapixel tersebut juga sebelumnya dipakai dalam film The Hobbit, serial televisi House of Cards dan sekuel film kolosal James Cameron, Avatar.

Seperti Planet Earth, dokumenter tersebut akan menjalani waktu produksi selama lima tahun. Rencananya Our Earth akan hadir di Netflix pada tahun 2019. Para produser film ini menjanjikan bahwa film ini akan menampilkan laut-laut dalam, hutan terpencil dan tudung es (ice caps).

Serial garapan mereka yang biasanya dinarasikan oleh naturalis asal Inggris, David Attenborough adalah salah satu kesuksesan terbesar untuk BBC. Planet Earth juga terjual di 130 negara dan telah memenangi beberapa penghargaan seperti National Television Awards di UK dan Emmy Awards di USA.

Akuisisi tim produksi ini oleh Netflix merupakan kelanjutan dari nominasi Oscar untuk film dokumenter terbaik yang diberikan kepada Virunga yang dirilis oleh Netflix. Pada bulan Maret 2015, Netflix juga mengumumkan kerjasamanya dengan rumah produksi milik Leonardo DiCaprio, Appian Way Productions. (utw/utw)