Kejutan-Kejutan Panggung Super Junior untuk Elf Indonesia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 03/05/2015 23:57 WIB
Kejutan-Kejutan Panggung Super Junior untuk Elf Indonesia Penampilan K-Pop Super Junior menghentak ribuan penonton yang memadati Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Minggu, 3 Mei 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tangerang, CNN Indonesia -- "Oppaaa oppaaa," teriakan para remaja perempuan dalam bahasa Korea tersebut terus menggema di dalam ruangan Indonesia Convention Exhibitions (ICE), Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (3/5).

Tak lama, cahaya ruangan mulai kembali terang seiring dengan ditayangkannya video pembuka yang dilakoni semua personel Super Junior (Suju).

Jika sebelumnya para ELF--julukan untuk penggemar Suju--meneriakkan bahasa Korea, 'oppa', saat konser dibuka mereka sontak turut kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Grup vokal asal Korsel itu memang membuka konser mereka di ICE dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.


Setelahnya, para penggemar yang histeris pun langsung bergerak mendekati sisi-sisi panggung. Mereka tak sabar ingin segera melihat idola-idola tampan segera beraksi di panggung. Lagu dengan judul Twins menjadi pembuka konser Suju.

Ketika intro lagu itu terdengar para personel Suju yang terdiri atas Leeteuk, Siwon, Heechul, Ryeowook, Kangin, Donghae, Kyuhyun dan Eun Hyuk pun mulai masuk panggung.

Setelah Twins, mereka langsung menyanyikan lagu-lagu populer lainnya seperti Bonamana, Sorry Sorry, dan Superman. Dalam lagu Sorry-Sorry, bahkan Heechul memamerkan kebolehannya menggebuk drum.

Aksi Heechul ini mendapat sambutan meriah daripada Elf, sebutan untuk penggemarnya. Mendengar teriakan ini, aksi Heechul makin panas. Ia makin bersemangat menggebuk drum dan mengiringi kawan-kawannya bernyanyi.

Sapaan Suju

Sesaat lampu panggung meredup, sambil terengah-engah dan menghapus keringat yang menetes para personil Suju menyapa fans mereka di Indonesia.

"Jakartaaaa," teriak Siwon.

Tentu saja para ELF segera histeris mendengarkan idolanya itu meneriakkan nama ibu kota Indonesia tersebut. Siwon mungkin tak tahu, arena tempatnya konser berada di kawasan yang secara administratif masuk ke dalam provinsi Banten, bukannya DKI Jakarta.

Tapi, tak apalah, toh para ELF tak memedulikannya dan tetap berteriak menyambut ucapan Siwon tersebut.

"Selamat datang," kata Leeteuk dalam bahasa Indonesia yang kaku menyambung Siwon untuk menyapa para pendukung Suju.

Semua personel Suju lantas membentuk satu barisan panjang. Dengan sigap dan kompak, mereka langsung memberi salam khas Super Junior.

"Lama tidak ketemu, apa kabar? Konser hari ini pasti lebih seru dari konser lalu," kata Kangin berjanji.

Selain bernyanyi, boyband Korea ini juga memanfaatkan kesempatan untuk menyapa penggemarnya. Bisa dibilang, mereka tak pelit bicara. Tak sekadar bernyanyi dan mengumbar kata cinta dalam lagunya, semua personel Suju ternyata juga pandai menggoda fans-fansnya.

"Kalian semua cantik dan seksi. Terima kasih kalian semua juga baik sekali," kata Donghae. "Saya sangat terharu. Jadi hari ini saya akan selalu mengingatkan kalian dan mengembalikan cinta kepada kalian. Love you."
Pamer kebolehan menggebuk drum dalam lagu Sorry. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Konser penuh kejutan

Selain personelnya yang ramah bicara dan sesekali melontarkan kalimat atau hal-hal lucu. Ada kejutan-kejutan lain dari konser Suju kali ini.

Salah satunya personel Suju pun melakukan dagelan dengan menggunakan kostum ala karakter Putri Elsa dari film animasi Frozen.

Video atau VCR yang dibintangi mereka juga sangatlah apik. VCR ini dibahkan sengaja dibuat sebagai satu kesatuan dengan aksi panggung personelnya.

Suju pun memebrikan kejutan dengan menampilkan Shindong--yang tak bisa hadir dalam konser karena menjalani wajib militer--dalam tayangan video.

Pada bagian tersebut Shindong seolah berada di tengah panggung dan tampil menyanyikan lagu Don't Forget Me

Total Suju memuaskan penggemarnya yang memenuhi arena konser selama 3,5 jam.

Selain itu, mereka tak hanya unjuk kebolehan bernyanyi bersama-sama, tetapi juga secara solo.

Heechul memamerkan kemampuannya bermain drum, Eunhyuk yang menari sambil bernyanyi rap, Kyuhyun yang menyanyikan lagu solonya, dan Siwon yang menyanyikan lagu Lost Star sambil diiringi seorang gitaris.

Yang unik, dua personelnya, Kangin dan Ryeowook masing-masing tampil solo dalam balutan nuansa Indonesia.

Kangin tampil bersama dengan beberapa musisi Indonesia. Sedangkan Ryeowook tampil dengan menyanyikan lagu berbahasa Indonesia yang berjudul Bunga Terakhir.

"Kami memilih lagu berbahasa Indonesia karena kami ingin membuka acara dengan bahasa kalian," kata Ryeowook. "Mungkin nantinya lagu ini bisa dibuat dalam bahasa Korea?" katanya sembari bercanda.

Konser Super Junior kali ini memang ditata sangat apik. Tata lampu, tata panggung, dan juga video dibuat dengan sempurna sehingga membuat konser ini tak membosankan untuk ditonton selama 3,5 jam.

Sayangnya, tata suara sepertinya ditata kurang sempurna. Lagu pengiring terdengar sangat keras dan membuat suara idola remaja ini tak terlalu terdengar.

Beberapa personel nampaknya juga menyadari hal ini. Terlihat beberapa kali, mereka memutar dan melihat mikrofon masing-masing lalu mengetesnya.

Suara mereka bak tenggelam karena kalah dengan bunyi musik dan teriakan para remaja yang memenuhi ruangan. Siwon bahkan sempat meminta fans-fansnya untuk tenang sejenak karena ia ingin berbicara. (kid/kid)