Traya Cairkan Perang Dingin 3 Diva dan Erwin Gutawa

Vega Probo, CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2015 10:32 WIB
Traya Cairkan Perang Dingin 3 Diva dan Erwin Gutawa Krisdayanti menggelar konser tunggal Traya di JCC (3/5). (CNN Indonesia/Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sehari sebelum berkonser, saat geladi resik (2/5), Krisdayati masih berahasia soal bintang tamu konser tunggalnya, Traya, di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan (3/5).

Penyanyi yang terkenal dengan inisial KD ini sukses menyimpan rapat-rapat rahasianya sampai konser Traya, yang digarap bersama Erwin Gutawa dan Jay Subiyakto, digelar dua malam lalu.

Sang bintang tamu tak lain Titi DJ dan Ruth Sahanaya! Sekitar sepuluh tahun lalu, KD bersama Titi DJ, Ruth Sahanaya, juga Erwin Gutawa dan Jay Subiyakto mengonsep 3 Diva.


Kelompok vokal ini sempat berkibar, bahkan berkonser Negeri Jiran, Malaysia. Namun pada 2008, terjadi konflik yang membuat runyam persahabatan di antara kelima bintang ini.

Pada 2008, 3 Diva berkonser di sebuah hotel bintang lima di kawasan Senayan, pada Malam Tahun Baru, tanpa melibatkan Erwin. Merasa dikhianati, pihak Erwin bereaksi keras.

Erwin sempat meminta 3 Diva tidak sembarangan menggunakan konsep yang telah digagas berlima, juga melarang 3 Diva menggunakan aransemen yang dibuat Erwin.

"Yang pasti kita jadi kukut,” kata KD dalam sebuah konferensi pers. Kukut yang dimaksudnya tak lain pemutusan hubungan kerja. “Ini pelajaran supaya kita nggak tergantung sama satu orang saja.”

Dalam kesempatan tersebut, KD juga menyatakan penghormatan dan permohonan maaf kepada Erwin, bukan penyesalan. Lalu, kelimanya berdamai dengan menaati enam poin yang disahkan notaris.

Salah satu poinnya berbunyi, “Ruth Sahanaya, Titi DJ dan Krisdayanti, tidak boleh menggunakan lagu maupun aransemen yang dibuat oleh Erwin Gutawa dalam kesempatan apa pun.”

Kini, tujuh tahun berlalu, secara mengejutkan KD, Ruth dan Titi kembali tampil sepanggung dengan Erwin, juga Jay, di konser Traya. Tentu saja reuni ini disambut meriah oleh para fans.

Diawali kemunculan Titi menyanyikan Percayalah, lalu disusul Ruth melantunkan Kaulah Segalanya. Lantas 3 Diva membawakan Jangan Berhenti Mencintaiku, Cobalah untuk Setia dan Ingin Kumiliki.

Krisdayanti tetap energik meski usianya sudah kepala empat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Ketiga lagu tersebut dibawakan secara berbarengan, atau tepatnya bersahutan dalam harmoni. Cara nyanyi serupa mereka ulangi untuk lagu Sang Dewi, Mencintaimu dan Keliru.

“Saya tahu memang banyak sekali masyarakat luas yang merindukan kebersamaan kami bertiga,” kata KD saat ditemui usai konser Traya. KD menyebut reuni kali ini istimewa.

“Mudah-mudahan lewat konser Traya ini, saya, Jay Subiyakto dan Erwin Gutawan bisa sama-sama menjembatani silaturahmi,” kata KD seraya berharap kebersamaan tiga diva di panggung besar berikut.

Sementara itu, di tempat terpisah, Erwin menyatakan kepada CNN Indonesia usai konser Traya, “Hubungan kami baik-baik saja. Memang lebih bagus kalau baik-baik saja, kan?”

Erwin memastikan, kini, tak ada lagi masalah antara dirinya dan 3 Diva. “Enggak ada masalah. Masalah itu sudah lama kami lupain. Kami semua sudah ngelupain.”

(vga/vga)