Konser Banjir Cahaya dan Aksi Ala Katy Perry

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Minggu, 10/05/2015 01:44 WIB
Konser Banjir Cahaya dan Aksi Ala Katy Perry Katy Perry dalam konsernya yang bertajuk Prismatic World Tour Jakarta, Serpong, Sabtu (9/5). (Dok.Ismaya Live and Sound Rhythm)
Jakarta, CNN Indonesia -- Katy Perry sukses membuat ribuan Katy Cats Indonesia -sebutan bagi penggemar fanatiknya- berteriak histeris dan menangis kala menyaksikan penyanyi asal California itu, dalam konser Prismatic World Tour di Indonesian Convention Exhibition, Serpong, Sabtu (10/5) malam.

"Jakarta!" Pekik Perry mengawali kemunculannya ke atas panggung. Berbalut mini dress hitam, perempuan berusia 30 tahun itu langsung menghentak panggung dengan Roar, single perdana dari albumnya, Prism. Alhasil teriakan histeris para Katy Cats menggema di tiap sudut arena.

Pada konsernya kali ini, Katy memdendangkan 17 lagu pilihan. Mulai lagu dari album keduanya, One of the Boys, hingga album terbaru, Prismatic. Dalam gelaran, setidaknya ia mengganti kostumnya sebanyak tujuh kali.


Tak hanya menikmati suara Katy, pada konser yang berlangsung selama 90 menit itu para penonton dibuat takjub dengan dekorasi penuh permainan cahaya. Belum lagi ditambah dengan para penari berkostum ajaib dan penuh warna yang mencolok mata. Akibatnya, para Katy Cats tak tahan untuk tidak bernyanyi dan berjingkrak. (Baca juga: Katy Perry: Jakarta I'm Coming Back!)

Penampilan Katy di Jakarta, dibuka dengan penampilan apik duo the Dolls yang digawangi oleh Mia Moretti dan Margot. Mereka masing-masing adalah seorang DJ dan pemain biola. Setelah itu, para penari berkostum ala suku Maya dengan hiasan lampu sulfat berpendar dalam gelap muncul dari berbagai sisi panggung mengantar Katy yang disambut jeritan para penggemarnya.

Permainan cahaya merupakan unsur utama yang membuat banyak penonton ternganga. Meski kontruksinya sederhana, namun layar latar panggung yang menampilkan video penuh warna dan efek visual yang canggih membuat panggung Katy 'sangat hidup'.

Seperti pada saat membawakan lagu Wide Awake, Katy mengajak penonton untuk menjelajah semesta yang penuh bintang dengan bantuan tampilan layar dan sorot laser yang memenuhi ruangan ICE. Selepas itu, mendadak nuansa berganti menjadi ala Mesir kuno dengan lagu andalan Dark Horse.

Katy memang terkenal dengan properti panggung yang 'niat' ketika tampil, pun ia membawa seekor kuda yang terdiri dari manusia untuk membopongnya di atas panggung.

Sebagai maniak kucing, sang biduan juga membawa berbagai dekorasi ataupun kostum yang berkaitan dengan hewan kesayangannya tersebut. Suasana penuh kucing untuk lagu Hot N Cold, dan International Smile.  “Semua berkumpul di sini karena suka musik bukan? Jika kamu tahu lagu ini, bisa menyanyikan dengan bahasa yang sama? Oki doki?" kata Katy.

Tak semua lagu dalam konser Katy Perry kali ini berbalutkan cahaya dan irama yang berdentum. Pada lagu The One That Got Away yang ia medley dengan Thinking of You yang dibawakan secara akustik, Katy sukses membawa penonton bersenandung lembut.

Kalian penonton yang seru, kalian mesti bangga menjadi IndonesiaKaty Perry
Dalam lagu itu, petikan gitar Katy mampu menyihir seisi ICE ikut bernyanyi hingga bahkan menangis. Setelah penuh nuansa sendu, Katy kembali menghentak dengan nuansa 70-an melalui Walking on Air, This is How We Do yang di-medley dengan TGIF. Setelah layangan kupu-kupu yang muncul pada lagu sebelumnya, dalam lagu ini muncul beberapa balon besar beraneka rupa, salah satunya emoticon berbentuk kotoran.

Konser penuh kemegahan tersebut ditutup dengan lebih megah dengan penampilan Fireworks. Katy terkesan serius untuk menghadirkan kecanggihan teknologi dalam konsernya. Berbalut dengan gaun bergambar kembang api, layar panggung mengeluarkan efek visual tiga dimensi yang dapat dilihat dengan kaca mata khusus.

Meski konser tersebut sukses membuat seluruh penonton bertepuk tangan, namun dalam beberapa penampilan Perry tampak kelelahan dengan banyaknya koreografi dan properti yang digunakan. Dalam beberapa kesempatan, Perry dibantu dengan minus-one dan suara latar. Juga sempat terlihat bingung ketika ikut menari dengan para penari latarnya sendiri.

"Terima kasih Indonesia. Senang kembali ke sini, kalian penonton yang seru, kalian mesti bangga menjadi Indonesia." ujar Perry disambut gemuruh tepuk tangan.

Berikut set-list lagu konser Katy Perry:
1. Roar
2. Part of Me
3. Wide Awake
4. Dark Horse
5. E.T.
6. Legendary Lovers
7. I Kissed A Girl
8. Hot N Cold
9. International Smile
10. By the Grace of God
11. The One That Got Away - Thingking of You
12. Unconditionally
13. Walking on Air
14. This Is How We Do - T.G.I.F
15. Teenage Dream
16. California Gurls
17. Firework (sip/sip)