Tio Pakusadewo: Didi Petet, Aktor yang Pantas Ditiru

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2015 11:25 WIB
Tio Pakusadewo: Didi Petet, Aktor yang Pantas Ditiru Ketika dirinya tertimpa musibah, sosok sang Emon-lah yang menyemangati dan terus mendoakan Tio Pakusadewo agar tabah dan sabar. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi aktor senior Tio Pakusadewo, sosok almarhum Didi Petet sangat berkesan. Ia pun merasa sangat kehilangan atas kepergian Didi, pada Jumat (15/5), yang diduga setelah menderita sakit asam lambung.

"Didi Petet itu sosok yang meninggalkan banyak ilmu. Bukan cuma bakat aktingnya, perilakunya pun pantas ditiru," kata Tio ketika ditemui di rumah duka di Bambu Apus, Tangerang Selatan, Jumat (15/5).

Kebaikan Didi masih sangat diingat oleh aktor peraih piala Citra ini. Ketika dirinya tertimpa musibah, sang pemeran Emon-lah yang menyemangati dan terus mendoakan Tio agar tabah dan sabar menjalani ujian.


Tio mengaku terakhir kali bertemu dengan almarhum ketika sama-sama menjadi juri di Festival Film Indonesia di Palembang pada 2014. Setelah itu, mereka hanya menjalin silaturahmi melalui media sosial.

"Terakhir kali beri kabar pun Didi menyemangati saya," ujar Tio.

"Kami tidak tahu mengenai sakitnya, hanya tahu kalau ia jatuh sakit, itu pun dari grup media sosial. Tadi pagi langsung dapat kabar kalau ternyata sudah meninggal," lanjutnya muram.

Sama-sama bermain di Catatan Si Boy 2, Tio mengenang sosok Didi sebagai pribadi yang gemar bercanda, namun dengan cara yang halus. Meski demikian, sindirannya tetap mengena.

"Didi sangat sering bercanda dengan Mathias Muchus," kata Tio mengenang.

Aktor berdarah Sunda, Epy Kusnandar, juga tak menyangka pertemuannya dengan Didi Petet semalam merupakan perjumpaan terakhir mereka.

Kediaman aktor Didi Petet yang meninggal dunia pada Jumat (15/5) (CNNIndonesia/Endro Priherdityo)
Kamis malam (14/5), Epy bertemu Didi di lokasi syuting Preman Pensiun 2, sinetron yang mereka bintangi dan sedang dipersiapkan tayang.

“Tidak ada yang tahu almarhum sakit apa di lokasi syuting. Dia enggak pernah menunjukkan kalau sakit,” kata Epy kepada CNN Indonesia.

“Tapi almarhum memaksakan datang ke lokasi syuting karena katanya kangen,” ujar Epy.

Meski tak ikut syuting, kesehatan Didi memburuk di sana. “Dia memeluk saya dan berkata lirih, ‘Py, aing gering euy. Saya sakit nih,’” kata Epy menirukan ucapan Didi kepadanya.

Epy kemudian meminta Didi untuk beristirahat. “Mas Didi belum kuat, istirahat saja,” ujar Epy kepada Didi.

“Tapi saya tak menyangka, pulang dari lokasi syuting, Mas Didi pulang selamanya,” kata Epy. Maka pelukan Didi kepadanya semalam itu menjadi yang terakhir.

Didi Petet meninggal pukul 05.00 WIB. Pihak keluarga mengaku Didi tidak mengeluh apa pun sebelum kepergiannya.

Rencananya, Didi akan disalatkan selepas salat Jumat di Masjid Baitul Karim Bambu Apus dan akan dimakamkan hari ini di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan.


(ard/ard)