Kenang Didi Petet, Arifin Putra Langsung Teringat Emon

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2015 14:30 WIB
Kenang Didi Petet, Arifin Putra Langsung Teringat Emon Arifin Putra menganggap Didi Petet inspirator. (CNN Indonesia/Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Emon. Itu yang paling diingat aktor Arifin Putra saat mengenang Didi Petet. "Kan dia pernah main cewek ya," ujar Arifin saat berbincang dengan CNN Indonesia, Jumat (15/5).

Didi memainkan Emon saat bermain dalam Catatan Si Boy. Emon merupakan karakter banci yang membuat film itu lucu dan menyenangkan ditonton sampai akhir. Meski bukan peran utama, Didi lewat Emon mencuri perhatian.

Kata-katanya dikenang, aktingnya diingat. Emon membuat film jadi meledak, sampai dibuatkan film sendiri berjudul Catatan Si Emon, meski bukan Didi yang kembali bermain di sana.


"Enggak tahu gimana, itu hal pertama yang masuk ke kepala saya. Pas tadi baca beritanya, langsung kaget dan ingat Emon itu," tutur Arifin. Ia mengaku tidak mengikuti film-film Didi, namun pernah menonton Catatan Si Boy.

Dari situ saja Arifin sudah tahu, Didi bakal menjadi aktor besar di Indonesia. Kenyataannya memang demikian. Ia termasuk salah satu aktor muda yang terinspirasi akting Didi.

"Kita harus melihat ke dia untuk inspirasi dan referensi, kalau mau akting seperti apa. Dia sangat berwibawa, sangat lucu," ucap bintang The Raid 2: Berandal itu. Baginya, Didi adalah bagian dari sejarah perfilman Indonesia.

Meski begitu, Arifin menilai Didi tetap bersahaja. Bukan hanya di layar lebar, Didi juga muncul sebagai bintang iklan maupun sinetron yang diputar sehari-hari. Kebersahajaan Didi membuatnya sangat membumi.

"Dia sangat santai, apa adanya. Semua jadi merasa kenal, dekat, kalau saya rasanya seperti om atau abang. Sangat baik hati," ujar Arifin melanjutkan. Ia tak pernah berinteraksi langsung dengan pemain Kabayan itu.

Namun, Arifin sering bertemu dengannya di beberapa acara besar. Arifin kaget dan ikut berduka saat Didi meninggal dunia di rumahnya pagi tadi. Didi meninggal karena asam lambung.

"Sangat disayangkan dia pergi. Tapi semoga pergi dengan tenang, diterima dengan baik di sisi-Nya. Karena orang baik pantas dapat yang terbaik," ujar Arifin mendoakan Didi.

(rsa/vga)