Arifin Putra: di Film Berantem, di Rumah Memasak

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 22/05/2015 08:05 WIB
Bagi sang aktor, kegiatan memasak setiap pagi membuat lebih nyaman menjalani hari. Arifin Putra: lain di rumah, lain pula di lokasi syuting. (CNN Indonesia/Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak berperan sebagai Uco di The Raid 2: Berandal, Arifin Putra tak lagi identik dengan film drama semata. Jelas ia ternyata juga bisa beradegan fisik. Tapi di balik segala kejantanannya itu, ada satu hobi yang terbilang sangat feminin: memasak.

Kepada CNN Indonesia Arifin membocorkan, hampir setiap hari ia memasak. Setidaknya untuk sarapan. Bagi Arifin, memasak punya arti lebih dari sekadar menyalakan kompor dan mengolah bahan makanan menjadi siap santap. Ada filosofi lain di balik kegiatan itu.

"Bikin sarapan sendiri itu buat saya seperti terapi," katanya saat berkunjung ke kantor redaksi CNN Indonesia, beberapa waktu lalu. Memasak setiap pagi membuat lebih nyaman menjalani hari. "Lebih enak masuk ke harinya. Enggak stres, enggak langsung kerja," katanya.


Kecuali syuting sampai subuh atau harus pergi pagi-pagi sekali, Arifin akan menyempatkan memasak. Kebiasaan itu dibawanya saat syuting Negeri Van Oranje di Belanda dan Praha. Meski disediakan makanan, Arifin tetap sesekali memasak untuk rekan-rekan aktornya.

"Di sana paling masak sendiri, beli mi instan atau scrambled egg," ujar aktor 28 tahun itu menyebutkan. Di Indonesia, ia bisa memasak lebih dari sekadar mi dan scrambled egg.

Arifin juga suka bereksperimen dengan omelet. Ia bisa menambahkan keju atau tomat di dalam gulungan telur dadarnya. Bintang Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh itu juga berkreasi dengan salad sayur ataupun buah.

Yang lebih rumit lagi, Arifin juga bisa memasak steak, grilled chicken, bahkan risotto. "Pakai pesto dan bawang bombay, gitu. Riso itu gampang-gampang susah. Harus dimasak, terus pan fry gitu," ucapnya menjelaskan.

Dari mana Arifin bisa menguasai semua teknik itu? Rupanya ia belajar dari sang ibunda. "Nyokap gue koki, tinggal belajar," ujarnya santai. Sejak dahulu, ia juga sering ditinggali ibunya daging yang sudah dimasak, lalu dibekukan di dalam lemari pendingin. Kalau begitu, Arifin tinggal menghangatkan.

Selain itu, ia rupanya juga suka mengecek resep-resep makanan unik di mesin Google.


(rsa/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK