Takkan Ada Nick Fury di 'Captain America 3'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2015 15:35 WIB
Takkan Ada Nick Fury di 'Captain America 3' Samuel L. Jackson saat menjadi Nick Fury. (Dok. Marvel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua penggemar Captain America pasti menyangka Samuel L. Jackson masih terlibat sampai film ke-tiga. Bersiaplah untuk kecewa. Pemeran Nick Fury, "komandan" Captain America itu ternyata tidak ikut mengawal kelanjutan kisah Steve Rogers dan Natasha Romanoff.

Dalam wawancara dengan Collider yang dikutip Ace Showbiz, Jackson memastikan dirinya absen dalam Captain America: Civil War. "Saya tidak di Captain America 3! Saya tidak menjelaskan, tapi saya tidak di sana," ujarnya menegaskan.

"Saya pikir, saya masih di luar sana, mencoba memecahkan apa yang terjadi pada S.H.I.E.L.D dan siapa orang-orang itu," katanya melanjutkan. Film sebelumnya, Captain America: The Winter Soldier memang membongkar S.H.I.E.L.D dan kebangkitan tersembunyi Hydra.


Dalam film itu, Fury dibikin pura-pura meninggal akibat peluru Winter Soldier sehingga tak diganggu S.H.I.E.L.D. Ia pun membantu Rogers dan Romanoff, alias Captain America dan Black Widow dari tempat rahasia.

Kini, Samuel harus melepas sementara peran Fury. Namanya juga memang tak ada dalam daftar pemain Captain America: Civil War di IMDb.

Aktor 66 tahun itu lantas mengenang kali pertama ia ditawari peran Fury yang selalu menutup sebelah mata bak bajak laut itu. "Itu kesenangan yang luar biasa. Saya akhirnya bertemu penulis komiknya, Mark Millar tahun lalu, saat syuting Kingsman karena ia ada di tempat pengambilan gambar hari itu," katanya.

Saat itu, ia akhirnya mendapat kesempatan untuk berterima kasih. "Saya berterima kasih karena dia membuat Nick Fury berkulit hitam dan mengubah semua dinamisasinya. Rasanya hebat menjadi jaringan penghubung antara begitu banyak karakter di begitu banyak film berbeda, yang membawa mereka bersatu."

Fury memang juga merupakan sosok di balik Avengers, yang terdiri atas Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, Black Widow, dan Hawkeye. Ia yang merekrut pahlawan-pahlawan super yang tadinya beraksi sendiri-sendiri.

"Sungguh kehormatan yang luar biasa menjadi orang itu, menjadi Nick Fury, menjadi bagian di dunia itu, dan menjadi karakter yang dipercaya banyak orang," ucap Jackson lagi. Ia merasa sulit tak lagi jadi bagian darinya.

"Saya bersyukur menjadi bagian darinya, seperti menjadi bagian dari Star Wars dengan George Lucas dan memainkan karakter yang diingat orang seperti Mace Windu. Sulit tidak lagi jadi bagian dari suatu hal yang, jika orang mempelajari film sampai 200 tahun ke depan, mereka akan bicara soal Star Wars dan The Avengers, hal-hal seperti itu," ujarnya.

Meski bicaranya menyiratkan kesedihan dan perpisahan, bukan berarti Jackson akan mengucapkan selamat tinggal pada Marvel. Ia mengaku masih punya dua kesempatan lagi dari sembilan film dalam kontraknya dengan Marvel.

Jackson juga ingin memperpanjang kontrak itu. "Tentu saja saya tertarik kembali. Saya mencari perpanjangan kontrak sekarang. Saya ingin mengulangnya," katanya mengungkapkan.

Lagipula, film-film yang dibintangi Jackson sepertinya masih akan terus berlanjut, seperti Avengers yang direncanakan muncul 2018 dan 2019. Sementara Captain America: Civil War dijadwalkan tayang pada 6 Mei 2016. Film itu dibintangi Chris Evans, Scarlett Johansson, Robert Downey Jr., dan Sebastian Stan.

(rsa/rsa)