Laga Seribu Pendekar di Jantung Ibu Kota

CNNIndonesia/Safir Makki, CNN Indonesia | Minggu, 14/06/2015 13:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Minggu pagi yang meriah di sekitar kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kala digelar Pangsi Betawi yang menampilkan atraksi seribu pendekar silat.

Pencak Silat atau Silat adalah seni bela diri yang mengakar di Nusantara, terutama Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Warga keturunan Betawi di Jakarta dan sekitarnya mengenal beberapa jenis martial art lokal ini, dari beksi, cingkrik, kotek, honje, golok seliwa dan mustika kwitang.
Merunut sejarahnya, beksi berasal dari Bahasa China. Sebagaimana dilansir laman Detikcom: bek bermakna pertahanan, si berarti empat. Dengan kata lain, beksi adalah empat pertahanan. Penjumputan bahasa China tak terlepas dari akulturasi pada era silam seiring kedatangan bangsa Tionghoa di Batavia.
Sekalipun tergolong martial art “berbahaya,” gerakan silat tersimak indah, jauh dari kesan brutal. Melihat para pendekar ini mempraktekkan gerakan silat tak ubahnya melihat pertarungan seru yang dikemas dengan penuh estetika. Bertenaga, tangkas, berani, sekaligus nyeni.
Seni bela diri juga menarik minat gadis-gadis. Berpartisipasi di acara 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta (14/6), mereka memamerkan beberapa jurus. Acara ini diikuti berbagai perguruan silat se-Jakarta ini dalam rangka menyambut HUT Jakarta ke-488, pada 22 Juni.
Gerakan silat yang nyeni seringkali membuat lawan terkecoh. Semula menganggap enteng, hingga akhirnya berhasil dilumpuhkan dengan
Seorang bocah digendong sebelum dimulai acara 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta (14/6). Ilmu bela diri silat memang bisa dipelajari bocah prasekolah. Aktor Iko Uwais, yang terkenal lewat film The Raid dan sekuelnya, sudah mengenal silat sejak usia 10 tahun.
Sebelum menjadi pendekar tulen, bocah-bocah mempelajari tahap dasar silat, seperti kuda-kuda, teknik tendangan, pukulan, tangkisan, elakan, tangkapan, bantingan, olah tubuh, serta jurus dasar atau jurus standar lain sesuai perguruan masing-masing. Setelah menempuh tingkat Menengah dan Pelatih, barulah layak menyandang sebutan Pendekar.
Setelah melewati tingkat kemahiran Pemula, Menengah, Pelatih, barulah pesilat layak menyandang sebutan Pendekar dari sesepuh perguruan yang mewarisi ilmu-ilmu rahasia tingkat tinggi. Hal ini mengingatkan pada film Pendekar Tongkat Emas yang dibintangi Christine Hakim, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Eva Celia dan Tara Basro.