Liputan Khusus Ultah Jakarta

Rapper dan Komedian Betawi Penerus Mendiang Benyamin

Rizky Sekar Afrisia & Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2015 12:04 WIB
Setelah Benyamin Sueb wafat, masyarakat Betawi mempertanyakan penerusnya. Ada dua anak muda yang bisa dipercaya: Kojek dan David Nurbianto. Salah satu karya Benyamin Sueb. (Dok. Mutiara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bicara seni Betawi, pasti ingat sosok Benyamin Sueb. Ia dikenal sebagai komedian, aktor, sekaligus penyanyi. Ia orang Betawi yang multitalenta. Namun sejak Benyamin meninggal pada 1995, masyarakat mulai bertanya bagaimana kelanjutan kesenian tradisional Jakarta.

Ditemui di kawasan Palmerah, Jakarta beberapa waktu lalu, peneliti sejarah Betawi, JJ Rizal mengatakan penerus Benyamin bukan tidak ada. Hanya saja, perubahan zaman menghasilkan
produk seni yang berbeda dari era ke era.

Pada CNN Indonesia Rizal menyebutkan, pemusik hip-hop Kojek dan komedian tunggal David Nurbianto bisa disebut penerus Benyamin.


"Kebudayaan itu memperkenalkan hal baru. Dulu Benyamin kenal cha-cha dan calypso, nah sekarang kita dikenalkan sama stand-up comedy. Ada yang mewarisi gaya Benyamin. Bertutur dan menceritakan dunianya, namanya David Nurbianto. Jadi bukan tidak ada," tutur Rizal.

David terbilang masih muda. Usianya masih 25 tahun. Tapi ia sudah aktif melawak bak Benyamin dan menjuarai sebuah kompetisi pelawak tunggal di stasiun televisi swasta. Ia tak pernah bermimpi jadi pelawak. Candaan pertamanya di depan mikrofon malah garing.

Namun mantan tukang ojek itu kemudian penasaran. Ia pun mengasah kemampuan melawak sampai akhirnya menemukan karakternya sendiri. Seperti orang Betawi lain, ia ceplas-ceplos. Materi candaan David juga sering soal Betawi.

Sementara Kojek, Rizal berpendapat konten musiknya unik. "Dia menjangkau dunia sastra dengan serius karena bentuk musiknya rap, yang harus tampil dengan rima yang kuat dan narasi yang mampu mendeskripsikan keadaan," ujar Rizal. "Tematiknya juga enggak kita temui dalam keumuman lagu-lagu yang ada di era ini."

Kojek bernama asli Muhammad Amrullah. Seperti David, ia juga masih muda. Tahun ini usianya 29 tahun. Lagu-lagu rap yang dibawakannya berbahasa Betawi. Salah satu karyanya yang meledak berjudul Lo Kate Jakarte. Ia juga punya album berjudul Betawi Punye Rapper.

Karier Kojek bermula saat mengikuti acara Hip Hop Asongan oleh Igor Saykoji. Ia juga pernah ikut rap battle di Pekan Raya Jakarta. Ia kini mengisi Bens Radio dengan acara Kojek Show. Kini, kemajuan seni Betawi dipercayakan di tangannya dan komedian tunggal David.

(rsa/rsa)




ARTIKEL TERKAIT