Lagu Ramadan Saykoji Bagai Ceramah ala Pop

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2015 12:56 WIB
Lagu Ramadan Saykoji Bagai Ceramah ala Pop Saykoji merilis lagu religi. (Dok. Saykoji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lama tak mengeluarkan single atau album, suara Igor 'Saykoji' akhirnya terdengar kembali. Bedanya, kali ini ia mengeluarkan single bertema Ramadan. Lagu berjudul Bersabar itu baru dirilis bulan ini. Ada jeda waktu lama sejak album terakhirnya keluar pada 2007.

"Sebenarnya keinginan sudah ada, tetapi terkendala pekerjaan yang banyak," kata Igor saat dihubungi CNN Indonesia beberapa waktu lalu. Kata Igor, ia selama ini disibukkan berbagai kegiatan di balik studio rekaman, seperti menjadi produser untuk beberapa penyanyi dan menggarap proyek scoring film.

Semakin lama, keinginan itu semakin tak tertahankan. "Gatal sebenarnya ingin membuat sesuatu, dan mumpung momennya pas saat Ramadan, jadinya ingin membuat lagu tetapi dengan tema yang universal," kata Saykoji.


Tiga pekan lalu, ia pun mulai membuat lagu Bersabar, yang akan diluncurkan melalui iTunes dalam waktu dekat. Saykoji memulai lagu berdurasi tiga menit 21 detik tersebut dengan dentingan nada ala Timur Tengah yang kemudian hiasan instrumen nada-nada serupa berada hampir di sepanjang lagu mengalun.

Lagu itu sekilas mengingatkan akan lagu-lagu religi bernada ala timur tengah yang biasanya membosankan atau kadang terlalu menyindir. Namun Bersabar terlalu "duniawi" untuk dibilang sebagai lagu religi. Igor memang tidak khusus membuatnya tentang keagamaan. Ia sendiri sebenarnya seorang nonmuslim.

Ia tetap menerapkan kaidah hip hop. Alhasil, Bersabar jadi seperti ceramah diiringi irama lagu. Dengan begitu, lagu itu jadi dapat diterima oleh penikmat lagu pop.

Apalagi lirik yang dibawakan oleh Igor, berduet dengan Della MC dan Guntur ini mudah untuk dipahami, terutama untuk kaum muda. Bersabar tak kental dengan lirik agama, melainkan sekadar teguran untuk tidak bergunjing dan terus bersabar menjalani hidup.

Secara umum, lagu itu terasa segar ketika didengar di teriknya siang saat menahan diri  dari haus, lapar, dan nafsu. Lagu itu juga masih terasa cocok ketika didengar menjelang ataupun ketika masa Lebaran tiba.

Igor mengeluarkan album pertama dengan tajuk Saykoji pada 2005 dengan hit fenomenal So What Gitu Loh. Kehadiran Saykoji kembali mewarnai musik rap Indonesia setelah era Iwa K meredup.

Setahun kemudian, Igor kembali mengeluarkan album, Musik Hati, dengan hit andalan Jomblo. Pada 2009, ia mengeluarkan lagu yang kemudian meledak di pasaran, Online, dan menjadi lagu tema sebuah operator telepon seluler.

Igor 'Saykoji' kemudian menghilang, dan kembali menjadi perbincangan ketika mengisi film laris pada 2012, 5 CM. Setelahnya, Igor main dalam beberapa film Indonesia. Kini, ia muncul setelah lama memendam kerinduan untuk kembali nge-rap di studio rekaman.

(rsa/vga)