Keganasan 'Jurassic World' Ubrak-abrik Box Office Hollywood

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 23/06/2015 15:57 WIB
Keganasan 'Jurassic World' Ubrak-abrik Box Office Hollywood Jurassic World (CNNIndonesia Internet/Dok. Universal Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Box Office Hollywood berguncang pada akhir pekan kemarin. Film teranyar, Jurassic World, sukses menggoyang daftar film pendapatan awal tertinggi dan tercepat melewati satu miliar dolar AS.

Posisi tersebut sudah di depan mata sutradara Jurassic World, Colin Trevorrow, dan sang eksekutif produser yang juga legenda Hollywood, Steven Spielberg. Sejauh ini, Jurassic World telah meraup US$981,3 juta (Rp13 triliun) dari seluruh dunia hanya dalam tempo kurang dari dua pekan.

Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Fast and Furious 7, yang melewati batas satu miliar dolar AS dalam waktu 17 hari penayangan. Capaian dinoaurus baru tersebut lebih cepat dari prediksi para pengamat film sebelumnya.


Capaian film yang dibintangi oleh Chris Pratt tersebut mematahkan anggapan para pengamat film bahwa film waralaba Jurassic Park ini akan dibayang-bayangi oleh tingkah makhluk cebol kuning Minions dan kesuksesan para jagoan Marvels, Avengers: Age of Ultron.
"Jurassic World mengubrak-abrik rekor box office," kata Jeff Bock, seorang analisis perfilman seperti yang dilansir oleh Variety. "Akan menjadi hal yang menarik melihat kelanjutannya nanti, akankah seri anyar Star Wars dapat mengalahkan Jurassic World?"

Jurassic World memang melesat dengan cepat bak Cris Pratt dikejar para dinosaurus buas, di akhir pekan pertamanya, film berbujet US$150 juta (hampir Rp 2 triliun) ini sudah menyalip rekor pendapatan akhir pekan pertama yang dipegang oleh Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2

Jurassic World meraup lebih dari US$524 juta (hampir Rp7 triliun), mengalahkan Harry Potter yang mencapai US$483 juta (Rp6,4 triliun)

Setelah para dinosaurus siap melompati batas satu miliar dolar AS, para makhluk dalam pikiran anak-anak milik Disney's dan Pixar, Inside Out, mengintil di belakangnya dalam pendapatan tertinggi ke-dua, pada akhir pekan kemarin.
Di Indonesia, Jurassic World juga masih mengintai di berbagai layar bioskop. Mengikuti Jurassic World, para Minions pun ikut meramaikan bioskop di masa liburan anak sekolah ini. Dua film tersebut bersaing ketat di Tanah Air.

Minions memang dirilis terlebih dahulu di Asia ketimbang negara asalnya, Amerika Serikat. Setelah rilis di Indonesia, Minions tayang di Singapura, Australia, dan Malaysia. Sejauh ini, para makhluk kuning imut tersebut meraup US$ 12,3 juta (Rp163, 8 miliar).

Sedangkan film bencana yang dibintangi oleh Dwayne "The Rock" Johnson, San Andreas, sudah berhenti berguncang menerima pundi uang di kisaran US$ 414,2 juta (Rp 5,5 triliun) dari seluruh dunia.

(end/vga)