Tak Jalani Ramadan, Igor 'Saykoji' Ikut-ikutan Puasa

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 23/06/2015 15:18 WIB
Tak Jalani Ramadan, Igor 'Saykoji' Ikut-ikutan Puasa Igor 'Saykoji' terbiasa dengan lingkungan Ramadan. (Dok. Saykoji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai non-muslim yang tak ikut melaksanakan puasa, penyanyi rap Igor 'Saykoji' tetap merasakan suasana Ramadan. Bagaimana tidak, lingkungan sekitarnya berpuasa. Dihubungi CNN Indonesia beberapa waktu lalu, Saykoji tak ragu berbagi kisahnya menghadapi Ramadan.

"Sebagai minoritas, saya harus sadar ketika semua tempat makan tutup. Saya berpikir ada satu bulan yang berbeda dari yang lain dan saya jadi ikut mengontrol diri saya," kata Igor. "Belajar menghargai lah," tuturnya.

Igor juga mengaku belajar dari sahabatnya mengenai makna agama Islam. Ia melihat beberapa konsep secara global. Igor bahkan melihat persamaannya dengan Indonesia, yaitu menghargai perbedaan. Seperti konsep Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa.


Ia tak bisa memungkiri Indonesia sarat perbedaan. Namun, itu juga memperkaya negeri ini. Keberagaman tersebut yang akhirnya mendorong masing-masing masyarakat punya kesadaran untuk ikut mendukung kelompok lain.

Igor pun ikut mendukung sahabatnya puasa. "Saya juga ikut senang ketika momen Ramadan tiba, ketika semua harus dikontrol, saya pun jadi berlatih bertutur lebih baik, tidak emosian, dan menjaga sikap," kata Igor lagi.

Selain sahabat, Igor juga punya saudara yang muslim. Ia senang bisa ikut berbuka puasa bersama. Bahkan, Igor pun ikut-ikutan lebaran. "Wah senang banget kalau sudah kumpul. Makanan favorit saya itu kalau ada rendang dan ketupat saat lebaran, langsung santap!" katanya.

Bukan hanya sikap dan perilaku, kebiasaan makannya pun ikut berubah selama Ramadan.

Seperti diketahui, bulan puasa memaksa para pedagang makanan tutup selama siang hari atau memasang tirai agar tidak tampak dari luar. Itu membuat Igor berpikir dua kali untuk makan siang di luar. Ia bahkan sering ikut berpuasa makan atau lebih memilih makan di rumah.

"Puasa juga bagus, misalkan saya ingin turun berat badan, pola makan saya ikut ketahan," kata pria bertubuh tambun itu sambil tertawa.

(rsa/rsa)