Sulitnya Inneke Koesherawati Bangunkan Anak Sahur

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 26/06/2015 13:42 WIB
Sulitnya Inneke Koesherawati Bangunkan Anak Sahur Inneke Koesherawati dan anaknya. (Dok. Inneke Koesherawati/Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak 2013, Inneke Koesherawati memutuskan mundur dari layar lebar dan sinetron, meski masih mengisi beberapa acara bincang-bincang. Lama tak muncul di layar kaca, apa yang sebenarnya dilakukan mantan bintang film panas itu? Ternyata ia memilih mengurus keluarga.

Saat Ramadan, terutama tahun ini, ia mendidik anak menjalani puasa untuk kali pertama.

"Sebenarnya Ramadan ini lebih ke mood-moodan, kalau ada undangan dan lagi mood ya jalan, kalau tidak mood, ya tidak diambil," kata Inneke ketika ditemui di sebuah acara kosmetik di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (25/6).


Inneke mengaku, perhatiannya kini lebih tercurah kepada anaknya yang berusia tujuh tahun. Ia ingin sang anak mulai berpuasa, meski ia masih kesulitan. Mengajari anak berpuasa memang menantang. Kata Inneke, tantangan paling berat membangunkan sahur.

Sang anak tergolong sulit untuk dibangunkan. "Sebenarnya juga saya tidak tega melihatnya, tetapi ini demi kebaikan, maka ya saya lakukan," ujar Inneke mengungkapkan.

Seperti orang tua lain, demi melihat anaknya berpuasa penuh, Inneke memberi iming-iming. Aktris 39 tahun itu berjanji bakal memberi anaknya penghargaan bila mampu menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh.

Beberapa orang tua memberi hadiah uang, beberapa lagi barang. Bagaimana dengan Inneke? Ia mengaku membebaskan anaknya memilih hadiah. Namun, ia juga tak ingin terjebak pada iming-iming materi semata. Inneke pun tetap mengajarkan esensi puasa kepada anaknya.

"Awalnya memang dia protes kenapa ada puasa, tetapi saya jelaskan puasa itu untuk ikut merasakan orang susah, dan untuk saling pengertian," kata Inneke. Ia melanjutkan, "Memang harus dibahasakan kepada anak kecil, dan saya pun masih harus belajar."

(rsa/vga)