Katy Perry, Artis dengan Bayaran Tertinggi

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2015 09:05 WIB
Katy Perry, Artis dengan Bayaran Tertinggi Dari konser The Prismatic saja, penghasilan Perry Rp 1,8 triliun. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Katy Perry tampaknya akan tersenyum bangga selama beberapa waktu ke depan. Dirinya baru saja dinobatkan sebagai artis dunia dengan bayaran tertinggi oleh majalah Forbes.

Seperti biasa, Forbes merilis daftar para pesohor yang memiliki bayaran tertinggi, mulai bintang film, musisi, hingga olahragawan. Perry menjadi musisi dengan bayaran tertinggi, mengalahkan One Direction dan Taylor Swift.

Pelantun Dark Horse tersebut menempati posisi ke-tiga, di bawah Floyd Mayweather dan petinju asal Filipina, Manny Pacquiao. Mayweather ada di urutan pertama, sementara Pacquiao ke-dua.


Bukan tanpa alasan Forbes menempatkan pelantun Hot and Cold tersebut pada posisi ke-tiga. Tercatat, hanya dari tur dunia The Prismatic yang sempat mampir ke Jakarta 9 Mei lalu saja, Perry sudah mengantongi uang sebesar US$ 135 juta, atau setara dengan Rp 1,8 triliun.

Penghasilan itu masih di bawah Pacquiao dan Mayweather yang berlaga dalam pertarungan termahal abad ini di Las Vegas, beberapa waktu lalu. Namun, jumlah uang yang dikantongi Perry melebihi bayaran Taylor Swift, Rihanna, dan Miley Cyrus jika digabung menjadi satu.

"Saya bangga akan posisi saya sebagai bos, sebagai orang yang menjalankan sendiri bisnisnya," kata Perry, seperti dilansir Forbes. "Saya ini seorang wiraswasta, saya tidak ingin malu akan hal itu," lanjutnya.

Jumlah tur yang dilalui Perry memang termasuk fantastis. Dalam waktu satu setengah tahun ia sudah keliling dunia untuk konser album ke-empatnya tersebut, termasuk dalam konser Superbowl yang ditonton lebih dari 118,5 juta.

Konser Prismatic akan berakhir di Amerika Tengah musim gugur ini, setelah tampil di hadapan 100 ribu pengunjung konser di Brazil's Rock, Rio de Janiero, beberapa waktu lalu.

Tur Prismatic telah 124 kali diselenggarakan, 75 di antaranya di luar Amerika Serikat. Dengan kata lain, 60 persen pendapatan Perry berasal dari kantong penggemarnya di luar AS.

Kekayaan Perry ini membuktikan ia sanggup bertahan dari jebloknya penjualan album di industri musik dunia. Selama 15 tahun terakhir, penjualan rata-rata album menurun dari 785 juta menjadi 257 juta kopi.

Alih-alih mempermasalahkan layanan streaming seperti Spotify layanan musik daring lainnya, mantan Russel Brand tersebut lebih memilih beradaptasi dengan perkembangan zaman. Ia mencari cara lain meraup untung, dengan mengadakan konser di ratusan negara di dunia.

"Musik telah berubah," kata Perry. "Lagu-lagu rilis dalam berbagai bentuk yang memang menjadi cabang dari kreativitas."

Berikut adalah daftar 10 teratas pesohor yang dilansir Forbes menerima bayaran tertinggi.

1. Floyd Mayweather
2. Manny Pacquiao
3. Katy Perry
4. One Direction
5. Howard Stern
6. Garth Brooks
7. James Patterson
8. Robert Downey Jr.
9. Taylor Swift
10. Christiano Ronaldo

(rsa/rsa)