Ridho Rhoma Isi Ramadan dengan Mengajar Anak Jalanan

Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2015 11:03 WIB
Ridho Rhoma Isi Ramadan dengan Mengajar Anak Jalanan Ridho Rhoma mengisi Ramadan dengan kegiatan positif. (Dok. Facebook/Ridho Rhoma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat Ramadan tiba, biasanya musisi disibukkan penampilan off air dan album religi. Namun berbeda dengan Muhammad Ridho Irama alias Ridho Rhoma. Putra 'Raja Dangdut' Rhoma Irama itu mengisi Bulan Puasa dengan mendedikasikan diri pada program pendidikan anak jalanan.

Ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Cipayung, Jakarta, Ridho mengaku senang bisa mengisi Ramadan dengan kegiatan edukatif. Soal pendidikan ternyata sudah menarik perhatian pelantun lagu Menunggu itu sejak lama.

Namun baru kali ini kesempatan yang ditunggunya datang. "Tahun ini saya punya kesempatan terlibat langsung program edukasi dan anak-anak. Bisa dibilang anak-anak jalanan, itu sudah jadi concern saya sejak lama. Akhirnya bisa terealisasi," ujarnya.


Pada program tersebut, Ridho memotivasi anak-anak jalanan agar memiliki cita-cita dan harapan. Menurut Ridho, tujuannya memotivasi peserta agar produktif dan berkreasi.

"Awalnya sharing, membangkitkan motivasi mereka supaya enggak menganggap diri mereka hanya mampu jadi anak jalanan. Maunya mereka punya harapan dan cita-cita, bisa sukses."

Ia paling gerah jika melihat anak-anak jalanan hanya menunggu belas kasih orang lain. Mental itu akan terbentuk sampai dewasa, sehingga mereka mengandalkan hidup dari mengemis. "Saya enggak mau mereka cuma nunggu belas kasihan orang lain. Maunya bisa produktif menciptakan sesuatu," kata Ridho.

Walau tak tergabung dengan suatu organisasi khusus, dalam program tersebut Ridho bekerjasama dengan beberapa organisasi. Diantaranya: Sanggar Tanah Merah dan Sanggar Kreatif Anak Bangsa. Itu adalah dua organisasi yang fokus ke pembinaan anak jalanan.

"Ada beberapa juga yang nyumbang atau bantu bantu lainnya. Saya bergabungnya lewat kerjasama sama mereka saja," ujar Ridho lagi.

Meski baru memulai Ramadan tahun ini, Ridho tidak ingin usaha positifnya berhenti hanya sampai Lebaran tiba. "Mudah-mudahan bisa dijalankan terus," ucap Ridho menegaskan.

(rsa/rsa)