Vino G. Bastian Ingat Puasa, Ingat Ultah Anak

Endro Priherdityo & Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Kamis, 09/07/2015 12:19 WIB
Vino G. Bastian Ingat Puasa, Ingat Ultah Anak Vino G. Bastian selalu ingat anak saat Ramadan tiba. (dok. Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ramadan dimaknai dengan beragam cara. Mulai momen berbenah diri, berkumpul dengan keluarga, hingga upaya dekat dengan Tuhan. Bagi Vino G. Bastian dan Marsha Timothy, Ramadan adalah spesial karena berhubungan dengan kelahiran anak pertama mereka.

"Karena anak saya lahir pada Ramadan, maka setiap Ramadan seperti memperingati kelahiran anak. Jadi memang spesial," kata Vino di kawasan Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Vino menikahi Marsha, pada 2012. Anak mereka, Jizzy Pearl Bastian, yang lahir pada Juli 2013 kini sudah menginjak usia dua tahun. Vino sudah mulai menerapkan makna puasa padanya. Jizzy bahkan sudah mengenali azan magrib.


Selain merayakan ulang tahun anak, Ramadan tahun ini dimanfaatkan Vino untuk lebih berkumpul bersama keluarga. Ia tak mengambil pekerjaan ataupun tawaran film dan sinetron.

Tahun-tahun sebelumnya, ia disibukkan syuting. Ia merasa sangat menyesal lantaran masing-masing anggota keluarganya jarang berkumpul dalam satu meja ketika berbuka tiba. Kesibukan yang menyita waktu membuat mereka jauh.

Marsha juga mulai berpuasa tahun ini. Tahun lalu ia absen karena masih menyusui sang anak. "Sekarang saya puasa sudah lebih ringan dibanding awal-awal dahulu," kata Marsha yang baru memeluk agama Islam beberapa tahun lalu. Meski tahun ini masih menyusui, kebutuhan Jizzy akan ASI sudah tak sebanyak sebelumnya.

"Lucunya, kalau Marsha sedang halangan pun dia tetap menemani puasa," kata Vino sembari tersenyum. Bintang Catatan Akhir Sekolah itu sangat menghargai toleransi sang istri.

Yang juga berbeda dari tahun ini, Vino dan Marsha tak lagi sering kelewatan sahur. Tahun sebelumnya, karena sibuk bekerja dan pulang dalam kondisi lelah, mereka sering tertidur saat waktunya sahur. Setelah Vino memutuskan tidak mengambil tawaran tahun ini, mereka saling mengingatkan untuk membangunkan sahur.

Keduanya pun tak lagi melewatkan sahur, meski hanya dengan menu makanan yang sederhana.

(rsa/rsa)