Biopik Miles Davis Pungkas Festival Film New York

Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2015 07:43 WIB
Biopik Miles Davis Pungkas Festival Film New York Miles Davis semasa muda (CNNIndonesia GettyImages/Hulton Archive)
Jakarta, CNN Indonesia -- Biopik musisi jazz legendaris Miles Davis berjudul Miles Ahead dijadwalkan menutup New York Film Festival 2015 yang berlangsung, pada 25 September–11 Oktober 2015.

Miles Ahead didapuk sebagai pemungkas sebagaimana halnya film-film peraih Oscar lain, Birdman (2014), Her (2013) dan The Descendants (2011).

Miles Ahead adalah debut penyutradaraan Donald Frank "Don" Cheadle, Jr. Aktor yang namanya melambung lewat Hotel Rwanda (2004) ini juga membintangi biopik tersebut sebagai Miles Davis.


Cheadle menggarap naskah Miles Ahead bersama Steven Baigelman yang berpengalaman sebagai penulis naskah Get On Up (2014), biopik James Brow. Film ini mengisahkan tentang periode menyendiri Davis di apartemennya, pada medio 1970-an.

Bertempat di Manhattan, New York, Davis diceritakan masih dihantui kenangan terhadap almarhum istrinya, Frances Taylor (diperankan Emayatzy Corinealdi). Dalam biopik ini, nominator Golden Globe, Ewan McGregor turut tampil sebagai seorang wartawan majalah Rolling Stone.

Judul film ini diambil dari album kolaborasi Miles Davis dan penggubah Gil Evans, pada 1957. Sementara proses pendanaan awal biopik ini adalah melalu crowdfunding, dan Cheadle berhasil mengumpulkan 344.683 ribu dollar pada 2014.

"Saya senang sekali bahwa film dipandang pantas diputar di festival ini. Hasil ini sangat memuaskan, terutama mengingat kerja keras dari seluruh anggota tim produksi," ujar Cheadle pada Variety, pada Rabu (22/7).

Ia menambahkan, "Musik Miles menembus batas, bergerak maju dan ekspansif. Dia mengubah peta musik dari waktu ke waktu, dan New York adalah tempatnya meraih kesuksesan. Film ini diputar di Alice Tully Hall, Lincoln Center, pada momen dan tempat yang tepat."

(vga/vga)


BACA JUGA