Sisi Lain dari Sandra Bullock

Endro Priherdityo | CNN Indonesia
Senin, 27 Jul 2015 21:06 WIB
Ada beberapa hal yang belum diketahui oleh publik mengenai sosok Sandra Bullock. Sandra Bullock. (Jason Merritt/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sandra Bullock ialah salah satu aktris papan atas Hollywood dengan capaian prestasi yang tidak dapat diremehkan. Sejak berkarier pada 1987, Bullock telah membintangi beberapa film box office dan penghargaan.

Wanita cantik yang lahir pada 26 Juli 1964 ini tampil pertama kali pada serial televisi berjudul Bionic Showdoen: the Six Million Dollar Man and the Bionic Woman (1989). Dari serial tersebut, wajah Bullock mulai sering menghiasi layar kaca.

Bullock mulai menuai kesuksesan pada pertengahan era 90-an, ketika membintangi film While You were Sleeping (1995), yang mengantarkannya penghargaan pertama, sebuah nominasi Golden Globe untuk kategori Best Actress - Motion Picture Musical or Comedy.


Namun, di balik kesuksesannya, ada beberapa hal yang belum diketahui oleh publik mengenai sosok Bullock. Mulai dari luka yang tak nampak, hingga pendapatannya yang fantastis.

Luka tak tampak

Wajah cantik Bullock ternyata menyimpan luka yang tak terlihat secara kasat mata. Luka tersebut telah diterima oleh Bullock sedari ia kecil.

Namun, bukan bekas luka seperti Harry Potter yang merupakan bentuk kutukan. Luka ini adalah bentuk dari kelincahan Bullock kecil.

Seperti yang dijelaskan dalam biografi dirinya pada situs film IMDB, Sandra Bullock mendapatkan sebuah luka di bagian mata kirinya akibat terjatuh ke sebuah danau dan menghantam batu.

Kejadian tersebut menyisakan sebuah luka kecil yang masih membekas di balik riasan dan eye-shadow Bullock.

Dekat dengan militer

Bullock terlihat sangat anggun dan manis ketika tampil di depan kamera, tapi tak ada yang menyangka bahwa wanita anggun tersebut dibesarkan dalam lingkungan militer.

Ayah Bullock, John W. Bullock, adalah seorang tentara Amerika Serikat yang bertugas pada pelayanan militer. Di sana, ayah Bullock bertemu dengan ibunya, Helga Mathilde Meyer, yang adalah seorang penyanyi opera.

Bukan cuma sang ayah yang bekerja berdekatan dengan militer, kakek Bullock juga bekerja pada United States Army Material Command, yang merupakan pemasok primer kebutuhan milter tentara AS. Kakeknya pun kemudian beralih menjadi kontraktor di Pentagon.

Fasih berbahasa Jerman

Bullock memiliki darah Jerman yang diturunkan dari ayah dan ibunya. Sang ayah merupakan orang Amerika campuran Inggris, Jerman, Irlandia, dan Perancis. Sedangkan sang ibu, merupakan orang Jerman asli.

Hidup sebagai keturunan Jerman, Bullock pun pernah tumbuh di Negara Panser tersebut. Ia pernah tinggal di Nuremberg dan bersekolah di sana, sehingga dirinya sangat fasih berbahasa Jerman.

Bullock pernah tergabung dengan paduan suara dan mengikuti kegiatan ibunya dalam pentas opera. Meski pernah menjadi bagian dari tim cheerleader saat SMA, Bullock lebih memilih jurusan drama sebagai pilihannya di East Carolina University.

Yang terbaik dan terburuk

Bullock pernah membuat sebuah sejarah sebagai satu-satunya aktris yang meraih penghargaan sekaligus dalam tahun yang sama. Bukan penghargaan biasa, ia memenangkan yang terbaik dan yang terburuk.

Ia pernah mendapatkan Oscar atas peran utamanya dalam film The Blind Side pada 2010. Namun, di tahun yang sama, ia juga memenangkan Razzie untuk film All About Steve.

Razzies merupakan bentuk penghargaan dari the Golden Raspberry Awards. Penghargaan yang didirikan oleh John JB Wilson pada 1980 tersebut dibuat untuk aktor ataupun aktris yang memiliki performa terburuk pada filmnya.

Piala Razzie berbentuk buah raspberry emas. Nama razzie berasal dari raspberry yang menjadi ikon dari penghargaan ini. Penggunaan buah raspberry ini terinspirasi dari idiom blowing a raspberry berupa menjulurkan lidah dengan maksud untuk mengejek.

Aktris dengan bayaran tertinggi

Bullock pun sempat menjadi aktris dengan bayaran tertinggi selepas dirinya sukses berperan bersama George Clooney dalam film Gravity.

Film yang juga memberikan Bullock sebuah nominasi Best Actress di Oscar 2014 itu melambungkan gajinya dan masuk ke dalam daftar artis bayaran tertinggi seperti Leonardo DiCaprio, Matt Damon, dan Robert Downey Jr.

Untuk Gravity, Bullock dibayar dengan US$20 juta atau setara Rp269 miliar. Namun, biaya yang dibayar di awal tersebut bertambah mengikuti larisnya film tersebut. Total, Bullock mendapatkan US$70 juta atau Rp942 miliar.

Single Parent

Bullock juga termasuk selebriti yang mengadopsi seorang anak. Ia mengadopsi Louis Bardot Bullock dari Loisiana, New Oraleans sejak Januari 2010.

Namun, akibat perselingkuhan yang dilakukan oleh suami Bullock kala itu, Jesse James, menyebabkan Bullock menjadi single parent. Bullock secara resmi menggugat cerai James pada 23 April dan resmi menjadi janda pada 28 Juni 2010.

Meski sudah tak lagi memiliki suami, Bullock tetap memutuskan melanjutkan mengadopsi Louis sebagai orang tua tunggal hingga kini.

(end/ard)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER