'Battle of Surabaya' Berhasil Memincut Walt Disney Pictures

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2015 11:57 WIB
'Battle of Surabaya' Berhasil Memincut Walt Disney Pictures Battle of Surabaya (CNNIndonesia Free Watermark/Dok. MSV Cinema)
Jakarta, CNN Indonesia -- Industri film Indonesia kembali dimeriahkan oleh karya anak bangsa. Kali ini, film berformat kartun 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia.

Berjudul Battle of Surabaya, film tersebut diproduksi oleh MSV Pictures selama tiga tahun. Selama masa pembuatan, film karya sutradara Aryanto Yuniawan ini telah dilirik oleh banyak pihak.

Cuplikan filmnya saja mendapat banyak penghargaan, di antaranya People’s Choice Award di International Movie Trailer Festival (IMTF) 2014, Digital Animation di Indonesia Information and Communication Technology Awards (INAICTA) 2012, dan Nominee Best Foreign Animation Awards di 15th Annual Golden Trailer Awards 2014.


Setelah rampung produksi, film Battle of Surabaya bahkan sudah dilirik oleh Walt Disney Pictures. MSV Pictures pun sepakat bekerja sama dengan perusahaan yang telah memproduksi banyak film kartun populer itu.

Awalnya Disney memberi tiga pilihan bentuk kerja sama kepada MSV Pictures untuk film Battle of Surabaya: membeli putus, melabeli film ini dengan nama Disney dan membantu dari segi teknis serta promosi.

Akhirnya pihak MSV Pictures memilih bentuk kerja sama yang ke-tiga.

"Nantinya Disney akan membantu segi teknis dan promosi film Battle of Surabaya. Seperti yang kita tahu, Walt Disney Pictures memiliki jaringan distribusi film di seluruh dunia," kata Aryanto, seperti yang dilansir dari keterangan pers yang diterima CNN Indonesia, pada Selasa (4/8).

Battle of Surabaya (CNN Indonesia Free Watermarks/Dok. MSV Cinema)


Battle of Surabaya berkisah tentang Peristiwa 10 November yang terjadi di Indonesia, dari sudut pandang Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang juga menjadi kurir surat.

Bersama sahabatnya Yumna dan Danu, Musa mengalami petualangan dalam masa bersejarah itu.

Suara para karakter dalam film kartun "rasa Jepang" ini diisi oleh sejumlah aktor dan aktris andal Indonesia, antara lain Reza Rahadian, Maudy Ayunda, Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Alejandro Esteban, Sana Hamada, dan Vanhoebrouck Patrick Bernard.

Film Battle of Surabaya sendiri akan tayang di bioskop Indonesia mulai 20 Agustus 2015 mendatang.

[Gambas:Youtube]

(ard/vga)