Kantong 'Iron Man' Paling Tebal di Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2015 11:30 WIB
Kantong 'Iron Man' Paling Tebal di Hollywood Di dunia nyata, Robert Downey Jr. pun unggul dari personel lain Avengers karena kekayaannya. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Robert Downey Jr. bisa jadi setara Tony Stark alias Iron Man, karakter yang ia mainkan dalam film-film Marvel. Di dunia nyata, ia juga punya kekayaan melimpah seperti bos Stark Enterprise itu. Mengutip Reuters, ia menjadi aktor berpenghasilan terbanyak versi Forbes.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Forbes mengeluarkan daftar selebriti berpenghasilan terbanyak. Nama Downey memuncaki daftar yang dirilis Selasa (4/8) itu. Pria 50 tahun itu mengantongi sekira US$80 juta atau Rp1 triliun dalam kurun Juni 2014 sampai Juni 2015.

Penghasilannya tentu disokong oleh kesuksesan salah satu film Marvel, Avengers: Age of Ultron. Film itu sukses menghasilkan US$1,3 miliar atau Rp17,5 triliun secara global. Namun tidak ada pemeran Avengers lain masuk dalam daftar aktor berpenghasilan tertinggi.


Di bawah Downey, selebriti berpenghasilan tertinggi ke-dua adalah aktor asal China yang selama ini berkutat dengan akting laga, Jackie Chan. Menurut Forbes, pria 61 tahun itu mengantongi US$50 juta atau RP676 miliar dari perfilman Hollywood dan China tahun lalu.

Rantai kejayaan terus bergulir. Di bawah Chan, ada aktor dengan tubuh berotot, Vin Diesel. Berkat Furious 7, Diesel berhasil mengantongi US$47 juta atau Rp635 miliar setahun belakangan. Angka itu sama dengan perolehan Bradley Cooper, Adam Sandler, dan Tom Cruise.

Selain nama-nama yang sudah kondang di Hollywood, untuk pertama kalinya daftar 10 besar Forbes kali ini juga menyebut selebriti Bollywood, yakni Amitabh Bachchan, Salman Khan, dan Akshay Kumar. Bachchan dan Khan masuk 10 besar dengan US$33,5 juta atau Rp453 miliar di kantongnya. Sedang Kumar jadi ke-sembilan dengan US$32,5 juta (Rp439 miliar).

Data-data peringkat aktor berdasarkan penghasilan itu diperoleh Forbes dengan menggabungkan sumber seperti Nielsen, Box Office Mojo, dan IMDb. Pendapatan mereka kemudian dihitung sembari dikurangi perkiraan pajak serta pembayaran pihak manajemen artis.

Selanjutnya, Forbes juga akan meluncurkan daftar aktris berpenghasilan tertinggi.

[Gambas:Video CNN] (rsa/rsa)