Akhir Pekan Seru bersama Si Bapak Kucing Jackson Galaxy

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Minggu, 09/08/2015 10:46 WIB
Akhir Pekan Seru bersama Si Bapak Kucing Jackson Galaxy Jackson Galaxy (CNNIndonesia Internet/Dok. Jackson Galaxy/Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir pekan kali ini sungguh menyenangkan bagi para pencinta kucing di Jakarta dan sekitarnya. Sejak kemarin (8/8) hingga hari ini (9/8), mereka bisa bercengkerama dengan Si Bapak Kucing Jackson Galaxy.

Pria bergaya rock star ini hadir di sebuah mal di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, untuk mempromosikan serial My Cat from Hell musim terbaru yang ditayangkan di saluran televisi Animal Planet.

"Apa kabar Indonesia," sapa sang mantan musisi dengan ramah, yang segera disambut riuh para pencintanya dan pencinta kucing yang memadati atrium utama mal.


Dalam sesi bincang-bincang di atas panggung bersama pemandu acara Daniel Mananta, Jackson mengisahkan pengalaman mengakrabi kucing nakal selama syuting My Cat from Hell, juga membagi tips merawat kucing.

"Saat di TV, saya tidak akan menemukan keramaian seperti sekarang ini, energinya sungguh luar biasa, kalian semua pasti pecinta kucing, kan?" Jackson bertanya kepada hadirin.

Jackson sangat interaktif terhadap para penggemarnya. Ia banyak bertanya tentang kebiasaan yang sering dilakukan oleh para penggemar saat mereka bermain dengan kucing kesayangan.

"Di sini, siapa yang sering bermain dengan kucing setiap hari?" tanya Jackson. Sontak para pencinta kucing, yang sekaligus pencintanya, mengacungkan telunjuk.

Sejak tayang musim pertama, pada Mei 2011, serial My Cat from Hell sukses membuat nama Jackson Galaxy terkenal sampai Tanah Air. Terbukti acaranya kali ini dipadati banyak penggemarnya.

Kemampuan Jackson mendamaikan kucing nakal awalnya didapat secara tak sengaja saat ia bekerja di sebuah penampungan kucing di Boulder, Colorado, AS. 

Pada suatu malam, Jackson mendengar suara kucing-kucing mengeong dengan keras. Lalu, dalam tempo 45 menit, Jackson dapat menidurkan kucing-kucing itu.

Caranya? Ternyata simpel saja. Tanpa butuh banyak trik, ia hanya mengedipkan mata. Jackson yakin, kedipan mata merupakan ungkapan kasih sayang yang juga dipahami kucing.

Sejak itu, Jackson merasa memiliki ikatan batin dengan kucing, jenis apa pun dan di mana pun. Lucunya lagi, ia merasa terpanggil untuk menjadi Cat Daddy, si Bapak Kucing.

Aksinya semakin nyata dalam membantu mengatasi berbagai masalah kucing: dari mulai mengubah perilaku, rehabilitasi, hingga turut berpartisipasi merawat kucing-kucing terlantar.

"Saya benar-benar puas saat berkunjung ke rumah seseorang atau berbicara dengan mereka melalui telepon dan membantu mengubah masalah menjadi sebuah program yang dapat diterapkan," ujarnya.

Dalam serial My Cat from Hell, Jackson kerap memberikan beberapa panduan atau trik kepada pemilik kucing agar masalah yang terjadi dapat diatasi dengan mudah.

Namun ada kalanya, Jackson kewalahan menghadapi polah si kucing. Sebagaimana terlihat di My Cat from Hell musim ke-enam, di mana kucing-kucing yang ia temui jauh lebih menakutkan ketimbang musim sebelumnya.

Dalam cuplikan video salah satu episode diperlihatkan seekor kucing "neraka" bernama Calvin suka menggigit dan mencakar sampai memanjat leher sang pemilik, Ambreen, hingga terluka.

Padahal sebetulnya si putih Calvin sangat lucu dan menggemaskan. Namun fisiknya yang "seputih bidadari" ternyata bertolak belakangan dengan sifatnya yang "sekelam preman."

"Saya kagum dengan kasih sayang pemiliknya, meskipun selama 13 tahun Calvin sering menggigit, pemiliknya tetap sayang dan menjaganya," katanya dalam sesi bincang-bincang di mal, kemarin (8/8).

Sejak kedatangan Jackson di rumah Ambreen, sikap si Calvin berubah menjadi lebih jinak, tak lagi temperamental seperti sebelumnya. Ambreen sangat berterima kasih kepada Jackson.

[Gambas:Youtube]

Memelihara kucing, dalam pandangan Jackson, tidak sama dengan memiliki kucing. Lebih tepatnya: menjaga kucing. Karena itu, para pencinta kucing layak disebut Cat Guardian.

"Sebenarnya kita bukan pemilik, tapi kita adalah penjaga kucing. Kita selalu menjaga dan menyayangi kucing seperti keluarga sendiri," Jackson menegaskan.

Bagi anda, pencinta kucing, yang tak sempat bertemu dan berbincang-bincang dengan Jackson kemarin (8/8), masih ada kesempatan pada Minggu siang ini (9/8).

(vga/vga)