Garudayana Saga, Komik Indonesia Melanglang Dunia

Dhio Faiz , CNN Indonesia | Senin, 10/08/2015 10:13 WIB
Garudayana Saga, Komik Indonesia Melanglang Dunia Ilustrasi: Komik di PopCon Asia 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Era kebangkitan komik Indonesia saat ini bukan hanya dicermati dari menjamurnya komik-komik di Tanah Air. Namun juga ditandai dengan beberapa komik Indonesia yang go internasional.

Salah satu komik Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional adalah Garudayana Saga. Komik bergaya manga ini sudah diterjemahkan ke bahasa Jepang dan dijual ke beberapa toko buku online di Negeri Sakura.

"Ini sebuah lompatan baru buat komik Indonesia. Selama ini yang terjadi komik Jepang diimpor dan diterjemahkan ke Indonesia," ujar Is Yuniarto, komikus Garudayana Saga kepada CNN Indonesia saat diwawancarai di Popcon Asia 2015, kemarin (9/8) di Jakarta.

Is mengatakan, salah satu kunci kesuksesan Garudayana menembus pasar Jepang adalah mengangkat kearifan lokal. Namun ia mewanti-wanti jangan sampai kearifan lokal ini menjebak para komikus lokal.

"Banyak yang mengangkat hal lokal, tapi ketika diterjemahkan ke bahasa lain jadi enggak kena. Makanya meski lokal, rasa harus global," tuturnya.

Is menuturkan, selain dirinya, sudah banyak komikus yang go internasional. Mereka telah berkarya bersama perusahan komik dunia, seperti Marvel dan DC Comics.

Namun untuk komikus Indonesia yang go internasional dengan karya sendiri baru sedikit. Ini karena kualitas komik Indonesia masih belum merata.

Meskipun demikian, kesempatan komik Indonesia untuk go internasional sangat terbuka di era digital ini. Pasalnya, komik-komik bisa dibuat bentuk digital dan langsung disebarkan ke seluruh dunia seperti yang dilakukan Garudayana Saga.

"Bentuk digital dipilih sebagai awal untuk mempermudah penetrasi pasar," kata Is.