Tiga Sekawan 'Alif Lam Mim' Berlaga

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 10/08/2015 19:26 WIB
Alif, Lam, dan Mim di sini bukan huruf-huruf Arab, melainkan nama tiga sahabat yang berjuang di jalan masing-masing namun harus berselisih di persimpangan. Abimana Aryasatya (Detikcom Fotografer/Asep Syaifullah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sukses memboyong lebih dari satu juta penonton untuk Comic 8: Casino Kings, sutradara Anggy Umbara kini siap tampil kembali melalui film berikutnya. Judulnya 3.

Ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, pada Senin (10/8), Anggy menjelaskan, 3 bercerita tentang konflik antara tiga sahabat yang berkaitan dengan suasana sosial politik Jakarta, pada 2036. Indonesia di masa itu negara liberal.

Dalam trailer berdurasi tiga menit yang ditunjukkan Anggy dan tim, sekilas 3 terasa sebagai film aksi berbalut editing CGI yang cukup canggih. Efek visual yang ditawarkan dapat tergolong cukup meyakinkan mata.


Gaya aksi dan aneka adegan yang dibawa oleh Cornelio Sunny sebagai Alif, Abimana Aryasatya sebagai Lam, dan Agus Kuncoro sebagai Mim, cukup menjanjikan. Ketiganya lah tokoh utama.

Alif yang merupakan seorang prajurit, bertekad menghabisi semua penjahat dan menemukan pembunuh orang tuanya. Lam adalah jurnalis yang bertekad menyebarkan kebaikan melalui tulisan-tulisannya. Sedangkan Mim, memilih menjadi ustaz sebagai tanda baktinya.

Persahabatan ketiganya yang sudah berlangsung sejak masih di pesantren harus terusik karena aksi terorisme. Itu jadi cikal bakal perselisihan mereka. Ketiganya bertarung atas nama kebenaran masing-masing sekaligus harga diri serta orang-orang terkasih.

Meski namanya sangat Islami karena menggunakan huruf-huruf Arab dan memasukkan unsur terorisme, Anggy menegaskan film 3 bukan tentang agama tertentu. "Ini sepenuhnya fiksi, tidak menyudutkan agama apa pun. Ini soal kebenaran dan kebaikan," tutur Anggy.

Raam Punjabi selaku produser dari Multivision Pictures menambahkan, "Kami simpulkan tidak ada agama yang dikucilkan. Pada 2036, Indonesia bisa jadi apa pun, dan ini fiksi. Saya trauma soal agama, nanti dipanggil lagi ke polisi, saya tidak mau Anggy puas saya sedih."

Film 3 juga tidak melulu soal laga. Kehadiran Prisia Nasution dan Tika Bravani menggambarkan Anggy akan membawa unsur asmara dalam film aksi-drama itu. Bergabungnya Donny Alamsyah dan Cecep Arif Rahman dari The Raid membuktikan film itu tidak akan main-main.

Lantas, berapa jumlah penonton yang ditargetkan? Meski Anggy terbukti berhasil masuk box office Indonesia tahun ini, Raam menuturkan ia tak minta penonton muluk-muluk. "Saya bilang ke Anggy tidak sejuta juga tidak apa. Yang penting penonton terhibur," katanya.

Film 3 dijadwalkan tayang September mendatang.

(rsa)