Bintang 'Sound of Music' Genap Berusia 80 Tahun

Vega Probo, CNN Indonesia | Kamis, 01/10/2015 21:40 WIB
Di usia senja, wajah perempuan kelahiran Walton-on-Thames, Inggris, ini masih ayu dan semringah. Namun sayang, suaranya tak semerdu dulu. Julie Andrews (CNNIndonesia GettyImages/Kevin Winter)
Jakarta, CNN Indonesia -- “Saya memang beruntung!” pekik Julie Andrews saat diwawancarai Time saat perayaan ulang tahun ke-50 film musikal legendaris Sound of Music (1965), pada April lalu.

Ia bersyukur mendapat banyak berkah dan kawan setelah membintangi film yang mengisahkan percintaan pengasuh bernama Maria dengan Kapten von Trapp yang memiliki tujuh anak.  

Disebutkan laman Hit Flix, Sound of Music adalah film musikal paling mengagumkan dan digemari sepanjang masa. Sejauh ini, Hollywood belum memproduksi pesaing yang berarti.


Perayaan setengah abad Sound of Music dirayakan besar-besaran pada awal tahun. Salah satunya, aksi Lady Gaga menyanyikan medley lagu-lagu khasnya, seperti Do-Re-Mi dan Edelweiss di ajang Grammy Awards, pada Februari 2015.

Hari ini (1/10), giliran Julie berulang tahun ke-80. Di usia senja, wajah perempuan kelahiran Walton-on-Thames, Inggris, ini masih ayu dan semringah. Namun sayang, suaranya tak semerdu dulu.

Julie kehilangan suara setelah mengalami gagal operasi benjolan (nodul, bukan kanker) di kerongkongan. Ia menjadi korban malpraktik yang berujung tuntutan pengadilan, pada 1999.

Tak lagi bisa bernyanyi, aktris kaliber Oscar ini tetap aktif menuangkan buah pikirannya ke sejumlah buku dalam The Julie Andrews Collection, dari buku anak-anak sampai memoar pribadi.

Julie tak pernah mengenal ayah biologisnya. Yang ia tahu, ibunya, Barbara Ward Wells menikah dengan pria bernama Edward Charles "Ted" Wells.

Julie sendiri menikah dua kali. Kali pertama dengan Tony Walton (1959-1967). Mereka dikarunia putri bernama Emma Katherine Walton pada 1962.

Kali ke-dua, ia menikah lagi sutradara Blake Edwards (1969-2010). Pasangan ini mengadopsi dua anak perempuan Amy pada 1974 dan Joanna pada tahun berikutnya.

Nenek sembilan cucu dan tiga cicit ini juga aktif berorganisasi, dari United Nations International Fund for Women, Operation USA, Save the Children, sampai Foundation for Hereditary Disease.

Agaknya Julie memang harus mengistirahatkan pita suaranya. Sejak 1947, ia sudah bernyanyi di bawah bimbingan instruktur Madame Lilian Stiles-Allen.

“Suaranya sangat mengagumkan,” Lilian melontarkan pujian untuk Julie. “Ia memiliki bakat yang langka.” Bermodal suara indah, Julie pun meniti karier sebagai penyanyi dan aktris.

Gara-gara sibuk tur keliling dan bekerja di dunia hiburan, Julie tak sanggup merampungkan studinya. Di usia 19 tahun, ia memulai debut di panggung Broadway, pada 1954.

Nyaris tidak terhitung lakon yang pernah dimainkan di teater, film, maupun televisi. Namun kini, perhatian Julie tertuju pada penulisan buku, dan kelak penggarapan film.

“Saya ingin menulis hal-hal yang sarat kenangan, dilengkapi foto-foto, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan karier saya,” kata Julie kepada Time, baru-baru ini.

“Sudah lama saya ingin menuliskannya dan saya memang harus melakukannya,” kata Julie sungguh-sungguh. “Hanya saja untuk itu butuh waktu tak sebentar.”

[Gambas:Youtube]











(vga/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK