Gegap Gempita Perayaan Diwali di Leicester

REUTERS/Darren Staples, CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2015 16:23 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak selepas pukul lima sore, keriaan meronai seruas Leicester, Inggris, saat perayaan Tahun Baru Hindu, Diwali, kemarin (11/11).

Ribuan orang menyesaki Leicester, Inggris, saat digelar perayaan Tahun Baru Hindu, Diwali, pada Rabu kemarin (11/11). Diwali juga dikenal sebagai Festival Cahaya di mana digelar berbagai kegiatan selama beberapa hari untuk merayakan cahaya, pengetahuan dan keindahan alam.
Perayaan Diwali di Leicester, Inggris, ini disebut-sebut terbesar yang diadakan di luar India. Selama Festival Cahaya digelar, Leicester, terutama sudut Golden Mile, tampak benderang oleh nyala 6.500 lampu. Makin benderang di pengujung acara saat pijar kembang api memenuhi langit Leicester.
Tak kurang 35.000 wisatawan dari penjuru Inggris Raya, Eropa, Amerika Serikat dan Kanada, menikmati  limpahan cahaya yang berpendaran. Kemeriahan Festival Cahaya ini mengingatkan pada Natal atau perayaan lain macam Blackpool Illuminations dan diskon besar-besaran di Jalan Oxford.
Saat Festival Cahaya atau Diwali berlangsung, jalanan di kawasan Leicester, terutama Jalan Belgrave, ditutup untuk lalu lalang kendaraan bermotor sejak selepas pukul lima sore hingga menjelang pukul sepuluh malam. Situs Birstall Park & Ride dibuka bagi mereka yang tak berkendara menuju perhelatan.
Sementara itu, di trotoar jalan, sejumlah partisipan Festival Cahaya atau Diwali di Leicester, Inggris, membuat seni lukis rangoli yang rumit dan indah. Diwali di Leicester, pada Rabu (11/11), disebut-sebut terbesar yang diadakan di luar India.
Bunyi genderang bertalu-talu menambah kemeriahan Festival Cahaya atau Diwali di Leicester, Inggris, pada Rabu (11/11). Tambah lagi, busana warna-warni yang dikenakan para partisipan dan wisatawan, membuat Diwali semakin gegap gempita!
Festival Cahaya atau Diwali digelar di Leicester, Inggris, yang merupakan jantung komunitas Asia, pada Rabu (11/11). Elemen-elemen seni budaya khas Asia plus 6.500 lampu menghiasi sudut bangunan hingga lanskap kota.
Berbagai acara digelar untuk memeriahkan Festival Cahaya atau Diwali di Leicester, Inggris, pada Rabu (11/11), dari seni tari, seni musik, seni lukis rangoli sampai kembang api. Tampak para penari bersuka cita, larut dalam keriaan Diwali.
Pesta kembang api menjadi penutup acara Festival Cahaya atau Diwali di Leicester, Inggris, pada Rabu (11/11). Namun perayaaannya masih diestafet hingga beberapa hari berikutnya dengan berbagai agenda kegiatan. Wisatawan juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain dari museum, bar sampai pertokoan.