6 Mobil Bintang Layar Sinema Berharga Selangit

Vega Probo & Fadli Adzani, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2015 11:17 WIB
6 Mobil Bintang Layar Sinema Berharga Selangit Ilustrasi Porsche (CNNIndonesia Reuters Photo/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil-mobil yang berseliweran di layar sinema rata-rata memang keren. Tak hanya keren dalam hal kecepatan atau kecanggihan, juga berdesain menawan. Contohnya, mobil-mobil di film James Bond dan Batman.

Baru-baru ini, mobil SUV milik bos mafia Italia bernama James Gandolfini alias Tony Soprano telah terjual seharga US$119.000 atau sekitar Rp1,6 miliar dalam sebuah pelelangan di Boston, Amerika Serikat.

Mobil bertipe Cadillac Escalade tahun 2003 itu terjual di balai lelang RR. Mobil itu dikendarai langsung oleh Tony dalam tiga episode terakhir serial televisi garapan David Chase yang berakhir pada 10 Juni 2007 silam.


Sebagaimana dilansir Fox News, mobil SUV itu digunakan dalam adegan baku tembak antara Tony dengan musuh-musuhnya. Tentu saja, mobil putih itu langsung dikenali banyak orang, termasuk penggemar serial televisi The Sopranos.

"Kami sangat terkejut setelah mengetahui hasil dari pelelangan tersebut," ujar Kepala Pelelangan RR Robert Livingston, seperti dikutip CNN Money. Semula, ia memprediksi, harga normal mobil itu hanya mencapai Rp109 juta.

Harga mobil ini selangit karena dibubuhi tanda tangan Gandolfini di tiga bagian. Sang bos mafia mengembuskan napas terakhir pada 19 Juni 2013 silam. Warisannya pun diburu kolektor, terutama penggemar The Sopranos.

Sebelumnya, pada 2013, sebuah mobil bertipe Chevrolet Suburban keluaran 1999 yang sempat dipakai di serial televisi tersebut juga terjual dengan harga fantastis, senilai US$110 ribu atau setara Rp1,5 miliar.

The Sopranos adalah salah satu serial televisi favorit di Amerika Serikat. Sejak pertama kali diputar pada 10 Januari 1999 hingga 2007, The Sopranos memiliki penilaian yang baik dan terus meningkat setiap tahun.

Masih Ada Lima Pesaing

Ternyata harga Cadillac Escalade dan Chevrolet Suburban peninggalan The Sopranos tak seberapa fantastis dibandingkan lima mobil bintang sinema lain, sebagaimana pernah dilansir laman The Street, pada 2013.

Mobil convertible klasik Duesenberg buatan 1929 yang dikendarai sang Raja Rock n' Roll Elvis Presley di film musikal komedi Spinout laku dijual US $1,2 juta atau setara Rp16,4 miliar dalam pelelangan pada 2011.

Saat syuting, Elvis membuat bodi mobil bermesin 265 tenaga kuda itu lecet. Menurut laman The Street, Elvis langsung meminta maaf kepada si pemilik mobil, mereparasi, juga menawarkan penggantian mobil baru plus uang tunai.

Mobil berikutnya, Porsche 911S buatan 1970, menjadi bintang film Le Mans. Menurut Ian Kelleher dari balai lelang RM, mobil itu dihargai selangit US$1,4 atau hampir Rp19 miliar karena ada embel-embel sutradara Steve McQueen.

“Mobil ini memiliki elemen keren sepanjang sejarah—mobil yang sangat layak diburu dan dikoleksi pada masanya, dan kondisinya pun baik,” kata Kelleher tentang si Porsche sebagaimana dikutip laman The Street.

Harga yang jauh lebih melambung dimiliki mobil Aston Martin DB5 keluaran 1964 yang wara-wiri di dua film James Bond, Goldfinger (1964) dan Thunderball (1965). Tak main-main: US$4,6 juta atau Rp63 miliar!

“Harga mobil ini melambung karena termasuk waralaba James Bond,” kata Kelleher dari balai lelang RM, sebagaimana dikutip The Street. Mobil ini satu-satunya yang selamat, tidak dihancurkan sang agen rahasia 007 kala beraksi.

Harga yang sama, US$4,6 juta, juga dibanderol untuk Batmobile dari serial televisi Batman. Saat sesi pelelangan Barrett-Jackson digelar di Arizona, AS, pada 2013, tak kurang 12 ribu orang mengerumuni si mobil.

“Salah satu di antara orang-orang itu bahkan ada yang berani menawar sampai US$10 juta!” kata petinggi Barrett-Jackson Craig Jackson sebagaimana dikutip laman The Street. Mobil ini dipakai Batman dan Robin untuk mengejar musuh.

Namun harga Batmobile tak mampu mengejar harga Shelby Cobra Daytona Coupe produksi 1965 yang berseliweran di film Redline 7000 (2007): US$7,25 juta, nyaris Rp1 triliun! Sebelumnya, mobil ini menjuarai FIA World Sportscar Championship.

“Menurut saya, mobil ini laku bukan semata karena pernah tampil di film,” kata Sam Murtaugh yang menjual mobil itu via balai lelang Mecum, pada 2009. “Tapi karena mobil ini langka dan bernilai tinggi. Hanya diproduksi enam mobil saja.”

(vga/vga)