Cerita di Balik Logat Lucu 'Forrest Gump'

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2015 11:56 WIB
Cerita di Balik Logat Lucu 'Forrest Gump' Tom Hanks (CNNIndonesia GettyImages/Anthony Harvey)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Run, Forrest, run!" kata-kata ini terus terngiang di telinga para penggemar Forrest Gump (1994), film drama komedi romantis yang diangkat dari novel berjudul sama karya Winston Groom.

Sekalipun telah dua dekade berlalu, film garapan Robert Zemeckis ini tetap diperbincangkan terutama cara berbicara dan suara yang keluar dari mulut Tom Hanks selaku pemeran Forrest Gump.

Diakui Hanks, logat bicaranya terdengar aneh karena mengikuti suara Micheal Conner Humphreys, yang memerankan Forrest Gump kecil. Bocah itu kesulitan meniru logat seperti Hanks.


Maka sebagai jalan keluar, Hanks "terpaksa" mengalah dan mengikuti logat si aktor cilik yang juga bermain di film Pathfinders: In the Company of Strangers.

"Saya memiliki kaset berisikan suara saya berlogat seperti Michael Conner Humphreys selama berjam-jam," ujar Hanks.

"Kala itu, Humphreys baru berusia tujuh atau delapan tahun. Ia sangat belia, dan ketika kami berbicara, hal itu tidak ternilai harganya," lanjut pria berusia 59 tahun itu.

Sebagaimana diberitakan Huffington Post, Hanks juga menceritakan pengalaman menghabiskan waktu selama berjam-jam bersama Humphreys untuk melatih logatnya.

Kerja keras Hanks melatih logatnya tidak sia-sia. Ia berhasil memenangkan Oscar pada 1995 kategori Aktor Terbaik. Zemeckis juga meraih Oscar kategori Sutradara Terbaik.

Dan masih ada empat Oscar lain yang berhasil diboyong Forrest Gump. Keempat predikat terbaik diberikan untuk gambar/film, editing, efek visual dan naskah adaptasi.

Bertahun-tahun setelah Forrest Gump dirilis, Humphreys beranjak dewasa dan menjalani wajib militer. Pemuda Amerika Serikat (AS) ini bertempur di medan perang bersama pasukan AS di Irak.

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, Humphreys mengaku, ia dan keluarganya tidak dapat menghadiri perhelatan Oscar ketika Forrest Gump menyabet banyak penghargaan, pada 1995.

Ia mengaku, keluarganya tidak memiliki uang yang cukup untuk menghadiri pagelaran penghargaan Oscar tersebut.

"Saya masih berusia delapan tahun ketika semua itu terjadi, orang tua saya ditanya apakah mereka ingin membeli tiket Oscar atau tidak, namun mereka tidak bisa membelinya," ucap Humphreys.

Meskipun begitu, Forrest Gump telah memberikan banyak kenangan indah bagi dirinya. Perannya sebagai Forrest kecil pun membuat namanya terkenal.

"Saya mendapatkan banyak dari hal tersebut (Forrest Gump), bahkan bisa lebih banyak jika saja saya pergi ke Oscar, waktu itu. Jadi saya pikir,  Forrest Gump berhasil untuk saya."

[Gambas:Youtube] (vga/vga)