Trio 'The Raid' Jadi Satu Geng di 'Star Wars Episode VII'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Minggu, 13/12/2015 17:45 WIB
Trio 'The Raid' Jadi Satu Geng di 'Star Wars Episode VII' Iko Uwais menjadi penjahat intergalaksi dalam Star Wars: The Force Awakens. (Dok. Facebook/The Raid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rahasia demi rahasia Star Wars: The Force Awakens mulai terungkap. Baru-baru ini, sutradara J.J. Abrams membenarkan trio The Raid--Iko Uwais, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman--ikut bermain dalam filmnya.

Abrams tidak memberi penjelasan soal karakter yang mereka mainkan. Namun mengutip Slash Film, Abrams berkata, "Bukan peran besar, tapi sangat menyenangkan mereka terlibat dalam film ini."

Baru-baru ini, peran mereka akhirnya terungkap. Mengutip Movie Web, itu berkat figur mini dari Millennium Flacon LEGO yang bekerja sama dengan Star Wars: The Force Awakens. Dalam buku The Visual Dictionary, peran Yayan dan Iko akhirnya diketahui.


Di buku itu, keduanya sama-sama mengenakan busana serba hitam dan membawa senjata. Dijelaskan, Yayan menjadi Tasu Leech, pemimpin geng Kanjiklub. Sementara Iko, memainkan anggota geng Razoo Quin-Fee.

Ada pula sebuah gambar yang lebih kecil, masih berbusana yang sama dengan mata ditutup satu, tampak seperti Cecep. Namun, tidak dijelaskan perannya. Gambar yang kecil pun membuatnya tidak terlalu jelas.

Dua karakter besar di buku itu, Tasu Leech dan Razoo Quin-Fee, sama-sama membawa senjata yang dijelaskan secara detail. Ada pula beberapa senjata lain yang digunakan. Tasu Leech bahkan terlihat tengah berdiri di dalam Millennium Falcon, kapal ikonik di milik Han Solo dan Chewbacca di Star Wars.

Sebelumnya, sudah ada rumor bahwa kapal itu akan punya pemilik baru. Sudah menjadi spekulasi bahwa geng Kanjiklub yang merupakan organisasi kriminal intergalaksi, adalah pemilik baru kapal luar angkasa itu.

Di luar keterangan soal perannya, Iko pun sudah mulai terbuka soal keterlibatannya di Star Wars: The Force Awakens. Beberapa waktu lalu, Iko mengunggah trailer Star Wars: The Force Awakens di media sosialnya. Ia menulis, "Tidak sabar menunggu film ini. Kalian sudah siap? May the force be with you," dan menyertakan tautan ke YouTube.

Sebelumnya diberitakan, Iko dan Yayan terlibat dalam Star Wars: The Force Awakens karena Abrams sudah mengincar mereka sejak The Raid 2: Berandal. "Saya hanya penggemar (The Raid). Ini sebuah kesempatan. Saya tahu kamu butuh orang untuk sekuel ini, yang akan menyenangkan melihat sekelompok orang yang sudah bekerja bersama," katanya.

Ia menambahkan, "Itu sesederhana jika saya menonton John Boyega di Attack the Block dan berpikir, 'Betapa keren jika bisa bekerja sama dengan orang itu suatu hari nanti.' Dan kesempatan pun datang."

Ia juga memuji para pemeran The Raid 2: Berandal itu telah berakting luar biasa.

Kabar bahwa ketiganya terlibat dalam Star Wars: The Force Awakens sudah beredar sejak awal tahun. Namun baru-baru ini Abrams mengonfirmasinya. Star Wars: The Force Awakens tayang di bioskop Amerika pada 18 Desember mendatang, screening 14 Desember.

Di Indonesia, menurut IMDb, film itu akan tayang pada 16 Desember. Namun sumber jaringan bioskop XXI mengonfirmasi, film yang disebut Episode VII itu baru akan tayang bersamaan dengan AS, 18 Desember. (rsa/rsa)