Menjuri Miss France 2016, Anggun Tetap Banggakan Indonesia

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 21/12/2015 23:30 WIB
Menjuri Miss France 2016, Anggun Tetap Banggakan Indonesia Anggun C. Sasmi menjuri Miss France 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggun C. Sasmi menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Suara emasnya bukan hanya jago kandang, tetapi juga diperhitungkan di dunia, terutama Perancis. Berkali-kali sudah Anggun mendapat kehormatan menjadi juri ajang pencarian bakat, di Asia maupun benua Eropa.

Yang terbaru, perempuan 41 tahun itu dipilih langsung oleh desainer kondang Jean-Paul Gultier sebagai juri Miss France 2016. Ia duduk sejajar bersama juri lain dalam ajang yang disiarkan di televisi ternama pemecah rekor penonton di Perancis, Sabtu (19/12).

Dalam video cuplikan di salah satu laman Facebook penggemar Anggun, terlihat sang pembawa acara memperkenalkan Anggun yang malam itu mengenakan gaun kuning rancangan Gultier.


Ditanya soal harapannya terhadap acara itu, Anggun menjawab dengan bijak dan penuh senyum, "Kita menanti keanggunan dan kepintaran perempuan Perancis. Saya sangat penasaran siapa yang akan menjadi representasi mewakili Perancis di dunia." Bicara Anggun, tentu tak lepas dari kampung halamannya, Indonesia.

Ia pun ditanya apakah ada kontes kecantikan serupa di tanah asalnya. Anggun langsung membanggakan Miss Indonesia, Maria Harfanti yang baru menorehkan prestasi membanggakan dengan menempati peringkat ke-tiga dalam Miss World 2015. Ia juga menyinggung keterlibatan Indonesia dalam ajang Miss Universe 2015.

"Tentu saja ada. Dari Indonesia sedang mewakili dalam Miss Universe, dan di Miss World dia menempati peringkat ke-tiga," tutur Anggun, meski tanpa menyebutkan nama Maria.

Anggun "menunaikan" tugasnya malam itu, memilih Miss France 2016 yang tahun depan mungkin akan bersaing dengan wakil Indonesia dalam ajang kecantikan dunia. Dalam akun Facebook resminya Anggun kemudian memajang foto bersama pemenang Miss France 2016, Iris Mittenaere. "Selamat untuk Miss France yang baru," tulis sang pelantun Mimpi itu.

Sebelum menjadi juri Miss France 2016, Anggun pernah menjadi mentor untuk X-Factor Indonesia dan X-Factor Around the World. Ia juga menjuri untuk Indonesia's Got Talent serta Asia's Got Talent. Ia juga pernah menjadi duta PBB dan bergabung dalam kursi juri Miss France 2009. (rsa/rsa)